Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur agar Terhindar dari Dehidrasi ketika Berpuasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Berpuasa selama seharian ternyata bisa memicu terjadinya dehidrasi dan lemas. Mengingat, makan dan minum tidak bisa dilakukan umat Muslim sejak matahari terbit hingga terbenam.

Tidak adanya asupan yang masuk selama belasan jam menyebabkan tubuh menjadi rentan mengalami dehidrasi. Perasaan lemas pun tidak terhindarkan.

Maka, mengutip dari NDTV, ada beberapa makanan yang bisa mencegah dehidrasi dan lemas. Makanan ini sebaiknya juga dikonsumsi saat sahur.

Pertama, yaitu telur. Makanan ini mengandung banyak protein dan vitamin. Mengonsumsi telur bisa membuat kenyang lebih lama. Olahannya pun beranekaragam, mulai dari omelet sayur, telur orak arik yang dipadukan dengan roti dan lainnya.

Kedua, yakni ikan atau ayam. Kedua makanan ini memiliki nutrisi yang bisa menghasilkan energi untuk modal menjalankan puasa. Meski demikian, sebaiknya ikan atau ayam tidak digoreng, mengingat saat sahur tidak disarankan mengonsumsi makanan yang digoreng.

Ketiga, yaitu oatmeal. Kaya akan protein dan mampu memberikan rasa kenyang bisa menambah energi untuk menjalankan puasa selama seharian.

Oatmeal juga bisa diolah sesuai keinginan mulai dari dipadukan dengan buah-buahan dan susu.

Keempat, buah dan sayuran bisa mencegah dehidrasi. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineral dalam buah yang bisa membantu seseorang merasa berenergi.

Asupan cairannya baik untuk tubuh karena menegkapi air mineral. Seperti misalnya buah semangka, dan tomat yang mengandung banyak air.

Terakhir yaitu kacang-kacangan. Makanan ini mengandung protein yang bisa membuat kenyang lebih lama dan berenergi sepanjang hari. Cara mengonsumsinya pun bermacam-macam, ada yang dipadukan dengan yogurt atau berwujud selai kacang yang dioles pada roti.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Polda DIY Gelar Nonton Bareng Timnas U23

Mata indonesia, Yogyakarta - Euforia lolosnya tim nasional (timnas) Indonesia U23 difase semifinal turnamen sepakbola Piala Asia 2024 sangat terasa. Antusiasme suporter sepakbola diseluruh Indonesia sangatlah besar, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya tempat yang menggelar event nonton bareng (nobar).
- Advertisement -

Baca berita yang ini