Konsumsi Kimchi Bisa Perbaiki Enzim Tubuh yang Rusak Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Enzim tubuh dapat diperbaiki dengan berbagai cara, seperti mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan enzim sekaligus sebagai enzim tambahan. Mengonsumsi Kimchi dapat menghasilkan bakteri baik untuk tubuh.

Enzim merupakan salah satu jenis protein yang berperan penting di dalam tubuh manusia. Fungsinya tak lain sebagai proses pencernaan yang membantu memecah berbagai molekul besar menjadi yang lebih sederhana.

Keberadaan enzim dapat membantu apakah makanan yang dikonsumsi dapat diserap atau tidak dapat diserap pada tubuh manusia. Sistem kerja enzim hanya dapat bekerja bila makanan yang masuk ke dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan enzim. Maka, bila mengonsumsi makanan lain yang tidak seharusnya dimakan, dapat menyebabkan sistem enzim rusak.

Biasanya pengaruh gaya hidup yang membuat sistem enzim rusak, seperti minum minuman yang beralkohol. Untuk menetralisirnya agar sistem enzim yang rusak dapat kembali berfungsi dengan baik, diperlukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Pada umumnya sistem enzim yang rusak tidak dapat diperbaiki. Namun, bisa dengan mencegah penyebaran, seperti mengganti enzim yang hilang untuk membantu menormalkan metabolisme, mengurangi makanan dan obat-obatan yang tidak dapat diserap dengan baik, dan melakukan detoksifikasi darah untuk membantu mengeluarkan racun berlebih pada tubuh.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan enzim dapat membantu memperbaiki sistem enzim yang rusak, hal tersebut dapat digunakan sebagai enzim tambahan. Misalnya nanas (mengandung bromelain dan protease), mangga (mengandung amilase), alpukat (mengandung lipase), dan berbagai buah-buahan serta Kimchi (mengandung amilase, lipase, protease) yang menghasilkan bakteri baik untuk saluran pencernaan pada tubuh.

Sistem enzim yang rusak pada tubuh juga dikarenakan saat makanan yang dikunyah tidak sampai benar-benar halus sebelum ditelan. Pastikan kunyah makanan lebih lama agar setelah ditelan dan masuk ke usus dapat dicerna dengan baik.

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan enzim, tubuh manusia juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung enzim pencernaan. Suplemen yang direkomendasikan, yakni Freegas.

Suplemen yang berbentuk kapsul itu terdiri dari berbagai enzim pencernaan terlengkap, seperti protease, amilase, glukoamilase, alfa-galaktosidase, lipase, selulase, laktase, dan invertase.

Memperbaiki gaya hidup juga dapat membantu memperbaiki sistem enzim yang rusak, misalnya menjaga berat badan tetap sehat, berhenti merokok, dan olahraga rutin.

Reporter : Rama Kresna Pryawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini