Kolesterol Naik Setelah Lebaran? Yuk Konsumsi Buah Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selama momen lebaran, pasti di setiap rumah banyak menyajikan berbagai jenismakanan yang didominasi oleh lemak, daging dan santan. Tentunya jenis makanan tersebut dapat menaikkan kadar Kolesterol dalam tubuh.

Makanan khas lebaran seperti ketupat sayur, rendang, gulai, danopor sudah pasti tersedia di meja makan. Nah, untuk menjaga kesehatan dan menurunkan tingginya angka kolesterol setelah lebaran, konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggidan vitamin seperti buah-buahan.

Apa saja sih buah yang ampuh menurunkan kolesterol? Yuk, simak daftar buah turunkan kolesterol berikut ini.

1. Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin K, C, B5, B6, dan E. Alpukat mampu menghambat penyerapan kolesterol dalam Tubuh dan menjaga kadar gula darah. Selain itu, buah ini jugaa sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatanjantung sekaligus menurunkan risiko stroke.

2. Pir

Buah pir terdapat kandungan tinggi serat alami yang berjenis pektin. Pektin merupakan serat yang mampu mengikat kolesterol dan mengeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine dan feses, sehingga kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa menurun.

3. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah yang mengandung serat sekaligus tinggi antioksidan, yang mampu membantu mengalirkan darah lebih lancar.

4. Pisang

Kandungan serat dan vitamin C pada buah pisang mampu menurunkan serta membawa kolesterol jahat keluar dari pembuluh darah untuk dibuang dari dalam tubuh.

5. Jambu Biji

Jika mengonsumsi jambu biji secara rutin, tentunya dapat Menurunkan kolesterol lebih dari 50%, lho. Karena jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang baik menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan mampu melindungi jantung.

6. Semangka

Buah segar yang satu ini dapat membantu mengelola kadar kolesterol tinggi dalam darah. Khususnya biji semangka yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Itu dia daftar buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol setelah lebaran.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini