Kenapa Anjing Suka Dielus di Bagian Kepalanya?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Anjing dikenal memiliki sifat setia terhadap pemiliknya. Ia memiliki keterikatan yang kuat dengan pemiliknya. Ia akan mudah merasa rindu apabila berpisah lama dengan sang pemilik. Seringkali mereka akan meminta pemiliknya untuk mengelus bagian kepala ketika ingin keluar rumah. Hal ini merupakan cara mereka agar tetap tenang.

Pada salah satu penelitian Universitas of Pisa and Perugia, Italia, ketika kita mengelus bagian kepalanya, itu menandakan perasaan rindu kepada pemiliknya. Oleh karena itu, apabila si pemilik pulang setelah memakan waktu lama di luar rumah, anjing akan bersemangat menyambutnya.

Penelitian ini melakukan eksperimen dengan memanfaatkan 10 ekor anjing berumur 1 hingga 11 tahun tanpa masalah keterikatan. Terdapat 7 ras campuran dari 10 ekor yaitu Labrador retriever, Hovawart dan Chihuahua.

Penelitian ini menggunakan partisipan yang akan berjalan bersama anjing mereka ke sebuah area berpagar. Area tersebut merupakan area penelitian untuk mengecek detak jantung.

Terdapat dua tahapan tes dalam penelitian. Pertama para pemilik membawa anjing dan mereka akan berbincang dengan seorang peneliti selama kurang lebih satu menit. Kemudian pemilik akan pergi meninggalkannya tanpa memberi perhatian.

Tes kedua yaitu si pemilik melakukan kontak fisik dengan memberi belaian atau mengelus anjing sambal berinteraksi dengan sang peneliti. Setelah pemilik pergi, anjing akan mencari pemilik selama 3 menit. Saat pemiliknya kembali, peneliti kembali menghitung kadar hormonal anjing serta detak jantung mereka.

Ternyata, elusan dielus kepada sekor anjing, tak memengaruhi kadar kortisol atau hormonal. Namun, perubahan pada detak jantung mereka. Detak jantung anjing akan cenderung mengalami penuruman yang cukup signifikan apabila si pemilik mengelus kepala mereka sebelum pergi.

Penelitian Sekolah Kedokteran Hewan Cumming di Universitas Tufts, Amerika Serikat menyebutkan, mengelus kepala hewan peliharaan, merupakan bentuk perhatian kepada mereka.

Area kepala merupakan area yang sulit terjangkau bagi hewan. Belaian di kepala ini mengingatkan tentang induk mereka yang sering menjilati puncak kepala saat mereka bayi.

Reporter: Shafira Annisa

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini