Keliru! Jangan Menusuk Jarum kepada Pasien Stroke, Risikonya Fatal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Stroke adalah salah satu penyakit yang memiliki angka kematian tinggi di dunia. Stoke dapat menyebabkan seseorang mengalami kecacatan pada sebagian hingga seluruh tubuh.

Penyebab terjadinya stroke adalah berkurangnya aliran darah ke bagian otak karena terdapat sumbatan pada pembuluh darah. Bila seseorang terkena stroke, diperlukan penanganan yang cepat dan sedini mungkin.

Beredar kabar di media sosial bahwa untuk menangani dan menyembuhkan stroke yaitu dengan dipijat dan menusukkan jarum ke titik tubuh yang mengalami stroke.

Namun, ternyata pemahaman ini keliru. Dr. Mursyid Bustami, Sp. S(K), Dirut RS Pusat Otak Nasional mengatakan penanganan pasien stroke yang paling tepat adalah membawanya ke rumah sakit.

Ia menilai bahwa menusukkann jarum atau memijit pasien stroke tidak bermanfaat sama sekali. Hal tersebut justru dapat memperparah keadaan pasien dengan naiknya tekanan darah akibat respon nyeri tusukan jarum.

Begitu pula dengan Dr. Dicky Armein, Spesialis Jantung Rumah Sakit Harapan Kita yang mengatakan bahwa menusuk jarum tidak berguna sama sekali bagi pasien stroke. Bila hal tersebut tetap dilakukan, maka pasien akan berisiko infeksi, apalagi jarum yang digunakan tidak steril.

Stroke dapat menyerang siapapun, kapanpun dan dimanapun. Stroke juga dapat terjadi secara tiba-tiba. Untuk itu, kita dapat menggunakan metode FAST (Face, Arm, Speech dan Time) guna mengenali gejala awal.

Face adalah gejala yang terlihat dari bentuk wajah tidak normal, yaitu wajah turun sebelah maupun tidak simetris. Kemudian, Arm adalah gejala stroke dengan melemahnya bagian lengan, jika lengan diangkat tinggi kedua lengan tidak sama.

Speech adalah gejala yang dapat dilihat melalui cara bicara, penderita stroke akan kesulitan mengeluarkan kata-kata dan tidak terdengar jelas atau bahkan sama sekali tidak dapat berbicara. Sedangkan time adalah metode final yaitu membawa pasien yang terindikasi stroke ke rumah sakit.

Beberapa ahli mengatakan bahwa stroke dapat dicegah, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berhenti merokok, rutin berolahraga, menjaga pola makan, dan asupan nutrisi merupakan beberapa langkah yang wajib diterapkan agar terhindar dari penyakit ini.

Reporter: Shafira Annisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini