Kebanyakan Konsumsi Cauliflower Bisa Sebabkan Kentut!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sayuran merupakan salah satu hal terbaik yang harus Anda konsumsi demi menjaga tubuh tetap bugar dan bebas penyakit. Sayuran bergizi dan serbaguna juga dapat diubah menjadi beberapa makanan lezat yang membuat Anda kenyang dan memiliki semua nutrisi penting.

Akan tetapi, beberapa sayuran selain menyehatkan tubuh juga dapat memberi Anda efek samping yang buruk. Efek samping ini mungkin akan mengganggu Anda untuk sementara waktu. Melansir Times of India, berikut daftar sayuran yang dapat menimbulkan efek samping apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Jamur – ruam

Sayuran ini merupakan sumber vitamin D. Akan tetapi, beberapa orang mengalami reaksi buruk karena mengonsumsinya. Menambahkan jamur ini ke dalam makanan Anda dapat menyebabkan alergi. Dari semuanya, ruam akibat jamur adalah kondisi yang umum terjadi. Yang perlu dicatat adalah, hindari konsumsi jamur mentah atau setengah matang.

Wortel- Dapat mengubah kulit Anda menjadi oranye

Efek samping yang mengejutkan dari makan terlalu banyak wortel adalah perubahan warna pada kulit. Benar, kulit Anda bisa menjadi kekuningan atau oranye dengan makan terlalu banyak wortel atau makanan kaya beta-karoten.

Perubahan warna lebih terlihat di kaki, tangan, dan telapak kaki. Selain wortel, perubahan kulit juga bisa juga terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi labu dan ubi jalar.

Beetroot- Urine berwarna merah muda

Melihat urine berwarna merah muda mungkin tampak menakutkan bagi Anda untuk pertama kalinya, tapi jangan khawatir itu hanya efek samping apabila Anda mengonsumsi bit.

Pigmentasi tanaman dan bahan kimia lain yang ada di tanaman dapat mengubah warna urin Anda untuk sementara waktu. Senyawa yang terdapat dalam rhubarb, blackberry, dan bit dapat mengubah urin menjadi merah muda atau merah untuk sementara. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena tidak berbahaya.

Jus jeruk- Urine berwarna oranye

Sama seperti beta karoten, kelebihan asupan vitamin C juga bisa mengubah warna urine. Kelebihan vitamin C dalam sehari, termasuk suplemen vitamin C dan buah-buahan, dapat mengubah warna urine Anda. Selain makanan kaya vitamin C, dehidrasi juga bisa mengubah warna urin Anda. Jadi, bila Anda mengonsumsi terlalu banyak vitamin C, minumlah banyak air bersamanya.

Cauliflower- Ketidaknyamanan gastrointestinal

Kembang kol dan sayuran silangan lainnya dari keluarga yang sama dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan, termasuk kembung dan gas. Sayuran ini bergizi tetapi juga sulit dicerna, terutama bila dimakan mentah.

Sayuran ini mengandung senyawa yang disebut raffinose, yaitu sejenis karbohidrat. Masalahnya adalah tubuh kita tidak dilengkapi untuk mencerna senyawa ini karena tidak dilengkapi dengan enzim yang tepat untuk membantu memecahnya. Sayuran yang tidak tercerna saat masuk ke usus besar dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini