Kamu Hipertensi? Coba Deh, 5 Minuman Alami Ini Mujarab Menurunkannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pola makan yang tidak sehat, durasi bekerja yang panjang, dan stress adalah beberapa faktor yang dapat memperburuk kesehatan tubuh terutama tekanan darah tinggi atau Hipertensi.  

Hipertensi berkembang ketika darah memberikan tekanan yang lebih kuat ke dinding arteri, dan kondisi ini akan menaikkan tingkat tekanan darah hingga melewati batas wajar. Tekanan darah manusia normal sendiri berkisar antara 140/90 mmHg.

Para pakar kesehatan menyarankan penderita hipertensi untuk menghindari makanan dengan kandungan sodium yang tinggi dan memperbanyak konsumsi potassium. Selain makanan, asupan minuman penunjang juga sangat disarankan. Berikut beberapa minuman alami yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Jus delima

Jus delima mengandung vitamin penting dan potassium yang membantu melembutkan atau memperlancar sirkulasi darah. Delima juga dikenal mampu melawan dan meminimalisir ACE enzim pengonversi angiotensin (ACE) yang menyempitkan pembuluh darah.

2. Jus jeruk

Jeruk memiliki kandungan potassium yang melimpah. Kandungan makanan yang tidak baik bagi tekanan darah tinggi akan diseimbangkan dengan rutin mengonsumsi jus jeruk. Kandungan folat dan bioflavonoid sitrus alaminya juga membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu memelihara kesehatan jantung.

3. Susu

Dalam segelas susu, terkandung fosfor, potasium, dan kalsium yang sangat baaik bagi kesehatan tekanan darah. Ditambah lagi, susu memiliki kandungan vitamin D yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mengontrol aliran darah.

Penelitian dalam British Journal of Nutrient menjelaskan, mengonsumsi susu atau produk olahan susu tinggi lemak atau rendah lemak dapat menurunkan tekanan darah.

4. Teh hibiscus

Meminum secangkir teh hibiskus dapat menurunkan tekanan darah, terutama ketika tekanannya sedang menanjak drastis. Hal ini dikemukakan di dalam Journal of Nutrition.

Para peneliti mengatakan bahwa teh hibiskus mengandung antosianin dan antioksidan lainnya yang membantu pembuluh darah menahan kerusakan yang menyebabkan penyempitan.

5. Jus tomat

Jus tomat diketahui mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol bagi penderita hipertensi dan penyakit jantung. Tomat juga memiliki kandungan zat anti inflamasi yang baik untuk keseluruhan tubuh.

Sebuah penelitian di Jepang membuktikan efek positif dari tomat tersebut. Penelitian yang melibatkan 481 partisipan tersebut menyediakan jus tomat selama setahun penuh sebanyak yang mereka inginkan. Kemudian pola konsumsi jus tomat dicatat dalam “tomato juice diaries”, bersama dengan perubahan kesehatan yang dialami.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini