Journaling, Solusi Tepat Menjaga Kesehatan Mental

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Journaling ternyata memiliki manfaat khususnya untuk menjaga kesehatan mental. Maka, aktivitas ini tidak bisa disebut sebagai kegiatan yang sepele karena hanya menulis catatan harian. Padahal, journaling dikategorikan sebagai bentuk kegiatan yang bisa menuangkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan atau gambar. Tidak hanya melalui kertas, kegiatan journaling juga bisa dilakukan di komputer. Melihat mudahnya menerapkan kegiatan journaling, maka tidak heran jika aktivitas ini dinilai bermanfaat untuk kesehatan mental. Terdapat 5 manfaat dari kegiatan journaling.

Pertama, yakni mampu membantu seseorang untuk mengungkapkan perasaan yang dimiliki. Hal ini dinilai sama dengan membebaskan tekanan yang dirasakan sehingga kecemasan pun ikut berkurang. Sebuah studi mengemukakan bahwa journaling selama 3 kali seminggu dalam 12 pekan bisa meningkatkan rasa bahagia serta mengurangi gejala depresi.

Kedua, manfaat journaling bisa mengalihkan dan melepaskan diri dari pemikiran yang obsesif. Hal ini bermanfaat sehingga bisa mencegah stres dan sulit untuk fokus dalam menulis.

Ketiga, dengan rutin secara teratur menerapkan kegiatan journaling yaitu bisa membuat diri menjadi lebih mudah memahami masalah dan menyelesaikan masalah tersebut. Akhirnya, beban pikiran pun menghilang sehingga stres bisa mereda.

Keempat, manfaat yang bisa diperoleh adalah masing-masing individu bisa mengendalikan emosi dengan baik. Hal ini tidak lepas dari rutinitas untuk menuliskan perasaan dapat membuat emosi menjadi lebih tenang.

Terakhir, yaitu aktivitas journaling bisa mendorong seseorang menjadi lebih terbuka. Hal ini penting karena bisa membantu proses penyembuhan emosional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini