Jangan Ragu Berikan Edukasi Seks pada Anak Sejak Dini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Orang tua harus menjadi yang pertama mengenalkan edukasi seks sejak dini pada anak, karena dapat menghindari informasi yang salah seputar seksualitas.

Edukasi seks sebaiknya diberikan pada anak sejak mereka mengenal anggota tubuh. Saat anak mulai paham nama-nama bagian tubuh, seperti tangan, mata, termasuk juga nama alat kelamin, beri tahu anak nama yang tepat kalau penis, disebut penis. Begitu juga vagina.

Kemudian organ reproduksi juga bagian dari tubuh sama seperti tangan, kaki, dan lainnya. Oleh karena itu, orang tua jangan ragu dan tabu berbicara mengenai pendidikan seks pada anak.

Lantas apa pentingnya pendidikan seks dan memperkenalkan organ reproduksi yang benar pada anak? Yuk kita simak.

1. Membicarakan seks kepada anak sejak dini agar tak salah jalan

Ketika anak mengalami masalah kesehatan terkait organ reproduksi atau kekerasan seksual, mereka dapat menjelaskan dengan baik nama sesuai term atau istilah yang tepat. Ini bertujuan menghindari komunikasi yang salah ketika anak butuh pertolongan. Orang tua jangan ragu membuka topik pembicaraan seputar seksualitas pada anak.

Lebih baik anak mendapatkan informasi pertama mengenai hal itu dari orang tua mereka. Tentu saja informasi yang diberikan disesuaikan dengan usia anak. Takutnya anak mencari tahu atau bertanya kepada teman atau internet yang bisa menyesatkan.

2. Membicarakan seksualitas dengan remaja

Penting saat anak telah tumbuh pada masa remaja, orang tua membahas soal seks. Namun para remaja sering kali memprotes dan mengatakan bahwa mereka telah mengetahuinya.

Orang tua dapat mengingatkan anak-anak bahwa meskipun percaya sang anak sudah tahu semuanya, mereka tetap perlu berbicara tentang seks bersama.

Orang tua juga perlu untuk mengatakan bahwa penyakit menular seksual merupakan risiko normal untuk aktivitas seksual yang mungkin mereka temui selama hidup mereka dan bukan sebagai hukuman.

3. Bagaimana membahas masturbasi?
Masturbasi tidak harus menjadi topik yang sulit untuk dibicarakan dengan anak-anak. Perlu dikatakan, bahwa masturbasi adalah hal yang normal untuk dilakukan.

Penting untuk anak-anak diberitahu masturbasi itu artinya sudah mengerti atas tubuhnya dan kemudian orang tua dapat menyarankan sentuhan semacam itu dilakukan secara pribadi.

Jika anak-anak ingin melakukannya, mereka harus pergi ke kamar mereka untuk menyendiri. Tekankan pada anak pentingnya seks yang aman, dan pastikan anak remaja mengerti cara mendapatkan dan menggunakan kontrasepsi.

Dokter juga dapat menekankan pentingnya vaksinasi human papillomavirus (HPV) rutin baik untuk anak perempuan dan anak laki-laki untuk membantu mencegah kutil kelamin serta kanker serviks, anus, mulut dan tenggorokan, dan penis.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini