Jangan Kalap! Begini Tips Self Reward Biar Gak Bikin Bokek

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Milenial kini akrab dengan istilah self reward atau dikenal sebagai hadiah untuk diri sendiri. Biasanya, momen ini muncul setelah kamu merasa lelah kerja sepanjang hari dan ingin memanjakan dirimu.

Sayangnya, sering kali makna self reward disalah artikan, alias jadi kedok untuk foya-foya semata. Padahal, pundi-pundi yang kamu hasilkan juga perlu ditabung lho!

Nah, buat kamu yang ingin memberi sesuatu untul self reward, jangan kalap ya! Yuk simak tips di bawah ini biar self reward kamu gak bikin bokek.

  1. Cek Budget

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengecek budget. Pastikan barang atau kesenangan yang ingin kamu beli pas dengan isi dompetmu.

Tips ini sangat berguna biar kamu gak kalap dan impulsif. Pastikan untuk memisahkan uang untuk self reward dengan budget kebutuhan pokokmu ya.

2. Jangan Impulsif

Cewek-cewek biasanya paling kenal dengan istilah impulsif alias beli barang tanpa perhitungan. Usahakan jangan lakukan hal ini apalagi berkedok self reward ya.

Pastikan kamu tahu barang apa yang sedang kamu butuhkan atau sudah diinginkan sejak lama. Hal ini bisa menghindari kamu dari sifat impulsif dan membeli barang yang gak perlu-perlu amat.

3. Hindari Ikuti Tren

Bicara soal tren memang gak ada habisnya. Jika self reward kamu selalu berpacu pada sesuatu yang sedang tren, maka nasib dompetmu bisa berakhir tragis.

Untuk itu sebaiknya kamu membeli barang yang sesuai dengan budget kamu. Atau kamu bisa cari referensi toko kekinian yang mengikuti tren tapi tetap ramah di kantong.

4. Gak Selalu Barang

Siapa bilang self reward harus selalu membeli barang? Banyak cara asyik yang murah meriah dan bisa kamu jadikan reward untuk dirimu kok.

Kamu bisa mengunjungi resto atau tempat kopi dan menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga. Cara itu efektif untuk menghibur diri dan lebiih low budget!

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Presiden Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Melalui Pengesahan UU Cipta Kerja

Oleh: Teguh Ahmad Insani )* Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, yang disahkan pada tahun 2020, merupakan salah satu langkah strategis pemerintahan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini