Jangan Boros! Begini Tips Hemat Ala Anak Kost di Tanggal Tua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memasuki tanggal tua biasanya jadi momok menakutkan buat masyarakat. Menipisnya tabungan dan pemasukan makin membuat momen tanggal tua semakin mengerikan.

Terlebih untuk para perantau termasuk anak kost. Keringnya dompet di tanggal tua, pasti mengkhawatirkan dan bikin stres.

Untuk itu, anak kost perlu kemapuan untuk mengatur sistem keuangan mereka, khususnya di tanggal tua seperti ini. Apalagi, jika kamu masih berstatus mahasiswa dan belum memiliki penghasilan tetap.

Nah, biar momen tanggal tua kamu gak mengerikan, yuk simak tips hemat berikut yang bisa kamu terapkan sebagai anak kost:

Pilih Transportasi Termurah

Jika kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya beralih ke transportasi umum. Pasalnya, metode ini bisa mebantu kamu menghemat pengeluaran di tanggal tua.

Pastikan memilih transportasi umum dengan biaya yang paling murah ya. Kamu bisa menggunakan Transjakarta, Commuter Line hingga MRT.

Bawa Bekal

Buat kamu yang hobi jajan untuk sarapan dan makan siang, lebih baik dikurangi di tanggal tua ini. Bawalah menu bekal sebagai santapan kamu di kampus atau luar kostan.

Kamu bisa membeli beberapa bahan makanan yang murah meriah di pasar dan memasknya di kostan. Selain hemat, bawa bekal juga jauh lebih sehat lho!

Sediakan Uang Pas

Selanjutnya, pastikan kamu selalu membawa uang pas. Jangan memegang uang tunai terlalu banyak yang bisa bikin kamu kalap di luar.

Menyediakan uang pas akan memaksamu untuk membeli kebutuhan yang diperlukan saja. Dengan begitu, keuanganmu bisa lebih terkontrol.

Catat Pengeluaran

Hal ini, bisa jadi tips jitu buat kamu yang mau hemat di tanggal tua. Biasakan untuk selalu mencatat pengeluaran kamu dan batasi budget-nya.

Tulislah berapa saja nominal setiap kamu mengeluarkan uang. Metode ini bisa membantu kamu paham dan bijak dan mengelola keuangan.

Gunakan Sisa Barang Sebaik Mungkin

Satu lagi cara jitu berhemat ala anak kos di tanggal tua ialah menggunakan sisa barang-barang sebaik mungkin. Misalnya, beberapa keperluan seperti sabun, minyak dan lain-lain tinggal tersisa sedikit, cobalah untuk mengatur pemakaiannya agar bisa bertahan hingga tanggal muda nanti.

Dengan melakukan hal di atas, kamu akan terbiasa berhemat dan pintar mengelola keuanganmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini