Jangan Boros! Begini Cara Mudah Menghemat Keuangan saat Musim Hujan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Musim hujan kini tengah melanda sebagian wilayah tanah air, khususnya Jabodetabek. Curah hujan yang cukup tinggi terkadang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang.

Bukan tanpa alasan, hujan derasa bisa berujung pada munculnya pengeluaran tambahan dan tak terduga, misalnya bersih-bersih pasca banjir, peralatan saat hujan hingga kondisi kendaraan.

Alhasil, banyak kebutuhan dan pengeluaran tambahan di musim hujan ini. Untuk itu kamu perlu pintar-pintar mengelola keuangan agar gak boncos di tengah jalan.

Nah, gak perlu khawatir. Kamu tetap bisa menghemat keuanganmu di musim hujan ini kok.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak!

  1. Buat Anggaran

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah membuat anggaran. Kamu bisa siasati budget kebutuhamu di musim hujan ini.

Misalnya, atur budget untuk membeli peralatan tambahan seperti jas hujan atau payung. Pilihlah harga yang terendah agar anggaranmu cukup untuk keperluan lainnya.

2. Periksa Keadaan Kendaraan

Jika kamu memiliki kendaraan, mungkin budget pengeluaranmu akan sedikit bertambah di musim hujan. Biar gak semakin menumpuk, ada baiknya kamu memeriksa kendaraan terlebih dahulu.

Jika dirasa kendaraanmu tak mampu menerobos genangan ataupun banjir, sebaiknya kamu berpergian dengan angkutan umum ya. Sebab, jika tak diperiksa dan dipaksakan, bisa saja masalah di kendaraan pribadimu semakin parah dan membutuhkan banyak biaya.

3. Hemat Listrik

Jika terlanjut mengeluarkan banyak biaya tambahan di musim hujan, ada baiknya kamu siasati dengan menghemat listrik. Dengan begitu, biaya untuk membayar listrik jadi sedikit berkurang dan bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lainnya.

4. Siapkan Makanan yang Cukup

Tak bisa disalahkan jika hawa dingin saat musim hujan membuat kita lebih cepat lapar. Biar kamu gak terlalu banyak jajan, siapkanlah makanan yang cukup saat musim hujan.

Hal ini bisa membuatmu menghindari jajan berlebih saat musim hujan tiba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini