Jam Tidur Berantakan? Ini 7 Tips Buat Memperbaikinya!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kesulitan tidur di jam yang seharusnya pasti sangat mengganggu sekali bukan? Apalagi banyak kegiatan yang harus dikerjakan dan tubuh kita memerlukan tenaga yang cukup untuk besok hari.

Biasanya jam tidur terganggu dan jadi berantakan karena beberapa faktor. Diantaranya, karena bekerja shift, begadang, jet lag, bepergian melintasi zona waktu, dan lainnya.

Nah, untuk itu kita perlu mengatur ulang jam tidur kita agar bisa lebih produktif. Berikut tips agar bisa mengembalikan jam tidur malam kita agar lebih teratur yang dirangkum dari Healthline:

Tips Atur Ulang Jam Tidurmu

1. Atur cahaya tidurmu

Cahaya bisa buatmu kesulitan tidur lho. Maka dari itu mulai sekarang atur ulang pencahayaan lampu kamarmu dengan mematikan atau meredupkan lampu.

Karena ketika kalian sedang tertidur dan terkena cahaya, otak akan berhenti memproduksi melatonin yakni yang berfungsi sebagai hormon tidur. Maka dari itu kalian pasti merasa lebih terjaga dan waspada sehingga sulit tidur.

2. Coba kegiatan relaksasi

Ketika pagi, cobalah sebisa mungkin melakukan relaksasi seperti yoga, stretching, mediasi, atau olahraga lainnya. Selain itu kalian bisa coba untuk meminum teh bebas kafein untuk merelaksasikan tubuh.

3. Jangan tidur siang

Usahakan untuk tidak tidur di siang hari. Karena nantinya kalian akan kesulitan untuk tidur pada malam hari.

Kalau bisa kurangi jatah tidur siang sampai gak lebih dari 30 menit dan jika udah gak bisa ditahan usahakan tidurnya sebelum jam 3 sore. Selain tidur malam kalian terganggu, tidur siang juga dapat menyebabkan kepala pening.

4. Olahraga teratur

Ternyata olahraga aerobik selama 30 menit bisa meningkatkan kualitas tidur pada malam yang sama lho. Karena olahraga bisa membantumu agar tidur lebih nyenyak dengan meningkatkan produksi melatonin.

5. Perhatikan makananmu

Sebisa mungkin makanlah makan malammu lebih awal. Karena makanan berat dan tinggi lemak dapat mengganggu tidur dan membutuhkan waktu untuk dicerna.

Selain itu, hindari juga minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman berenergi, atau minuman alkohol.

6. Teratur dan Biasakan

Buatlah jadwal waktunya tidur dan waktu bangun. Dengan mengikuti jadwal yang teratur, maka akan terbentuknya rutinitas baru sehingga jadi terbiasa.

7. Hubungi dokter

Jika masalah tidurmu masih tetap gak ada perubahan, cobalah segera konsultasikan pada dokter. Bisa jadi kalian mungkin memiliki gangguan tidur yang gak terdiagnosis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini