Ini Tempat Selancar Terbaik di Indonesia

Baca Juga

selancar,olahaga ekstrem, – Bagi pecinta olahraga selancar, ada banyak tempat bagus untuk berselancar di Indonesia. Tempatnya tak kalah bagus dari negara-negara lain.

Olahraga merupakan hal yang baik untuk kesehatan tubuh, baik yang ekstrem maupun non-ekstrem. Salah satu oalahraga yang bisa dikatakan ekstrem adalah berselancar. Berselancar bukan hanya sebagai olahraga biasa namun sudah menjadi semacam gaya hidup. Olahraga berselancar ini penuh tantangan dan memicu adrenalin.

Ombak yang besar dan konsisten adalah salah satu syarat utama untuk berselancar. Bagi para peselancar pasti sudah mengetahui di Indonesia menyimpan destinasi berselancar dengan ombaknya yang sangat menantang. Meskipun kebanyakan destinasi berselancar di Indonesia paling populer ada di Pulau Bali, namun masih ada banyak lokasi berselancar di Indonesia.

Di deretan pertama ada Kepulauan Mentawai yang kaya akan rantai gelombang. Setidaknya, dari sekitar tujuh puluh pulau dan pulau lepas pantai barat Sumatra, Mentawai menjadi tujuan selancar paling konsisten di dunia. Untuk kalian yang menyukai olahraga berselancar, kepulauan Mentawai tempat yang cocok.

Jika ingin berselancar di sini, sebaiknya berselancar pada bulan Maret sampai Oktober, namun ombak terbesar bisa saja terjadi pada bulan Juni sampai September. Kepulauan Mentawai, yang berada di tengah Samudra Hindia, membuat daerah ini dikelilingi laut yang mengagumkan. Bukan hanya cocok untuk berselancar, Kepulauan Mentawai juga bisa dijadikan tempat wisata budaya, wisata petualangan dan wisata bahari.

Kepulauan Mentawai adalah surga bagi para pecinta berselancar dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Salah satu tempat favorit untuk berselancar yaitu Pulau Sipora. Pulau Sipora masuk ke dalam 20 spot berselancar terbaik di dunia versi CNN Travel.

Selanjutnya ada Pulau Bali. Bali merupakan destinasi wisata terkenal di dunia dan terkenal dengan spot berselancar terbaik yang digemari peselancar dalam dan luar negeri. Bali masuk ke dalam catatan tujuan berselancar terbaik. Selain menjajikan pemandangan yang mengagumkan, Bali juga mempunyai banyak jenis ombak, mulai dari ombak kecil, sedang, hingga ombak besar raksasa yang digilai para peselancar.

Ada banyak pilihan untuk para pecinta ombak di Bali. Salah satunya adalah Uluwatu, sebuah wilayah yang berada di ujung Pulau Bali. Pantai-pantai di Uluwatu dikenal hingga dunia mancanegara. Bahkan kompetisi berselancar kelas dunia kerap digelar di Uluwatu. Pantai yang paling terkenal adalah pantai padang-padang. Pada musim-musim tertentu, tinggi gelombang di pantai padang-padang bisa mencapai delapan meter dan juga terkenal dengan ombak barrel yang sangat panjang.

Tempat berselancar terbaik selanjutnya ada di Provinsi Riau. Jika selama ini berselancar identik dengan ombak laut di pantai, di Riau punya tempat berbeda. Di Provinsi Riau ada sungai Kampar Riau yang terkenal dengan Ombak Bono yang tingginya bisa mencapai enam meter itu.

Sensasi Ombak Bono ini yang beda dari tempat lainnya membuat pecinta ombak tertarik datang dan merasakan langsung sensasinya. Tidak heran jika ombak bono ini sangat terkenal di kalangan para peselancar dunia.

Ombak Bono terbentuk akibat sebuah pertemuan arus antara arus pasang laut bertemu dengan arus sungai kampar. Ombak Bono menjadi ombak yang paling dicari oleh para peselancar di dunia karena Ombak Bono benar-benar sangat menantang. Selain besar dan ketinggian mencapai enam meter, gelombangnya teratur dan berbentuk sangat panjang.

Waktu yang tepat untuk berselancar di sungai Kampar adalah pada saat puncak musim hujan, yaitu pada bulan November sampai Desember. Pada bulan ini gelombang ombak akan sangat besar, karena intensistas curah hujan yang tinggi membuat air sungai meluap dan menghasilkan ombak yang besar.

Reporter: Anggitasari Prasetyani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini