Spot Menarik Skydiving di Indonesia dan Luar Negeri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada banyak jenis olahraga mulai dari yang normal hingga memacu adrenalin seperti skydiving. Ada beberapa spot bagus untuk skydiving di Indonesia dan luar negeri.

Skydiving adalah aktivitas terjun dari pesawat terbang menggunakan parasut yang dibentangkan. Skydiving dimulai dari penemuan parasut oleh Andre-Jacques Garnerin asal Prancis. Pada tahun 1797, Garnein mencoba parasut buatannya dengan melompat dari balon udara di langit Paris, Prancis. Sukses lompat dari langit di Paris, Generein mencoba lompat lagi di Inggris pada tahun 1903.

Memasuki masa Perang Dunia I (1914-1918), militer mulai menggunakan parasut dalam setiap misinya. Fungsi parasut memudahkan untuk menyelamatkan diri pada saat pesawat terkena tembakan dari lawan. Setelah perang dunia I selesai, Branstormers yang merupakan seorang militer, mencetuskan terjung bebas menggunakan parasut. Branstormers juga menunjukkan aksi terjun bebas untuk pertama kalinya hampir di seluruh wilayah Amerika Serikat.

Sampai pada akhirnya kejuaraan terjun bebas pertama kalinya diselenggarakan juga di Uni Soviet pada tahun 1930. Sejak Perang Dunia II pada tahun 1939 sampai 1945, para penerjun bebas mulai dimasukkan ke dalam barisan kemiliteran. Aksi terjun bebas yang sangat terkenal pada saat itu adalah serang ‘D-Day’ pada tahun 1944. Berkat parasut tersebut, penerjun bebas militer berhasil menyusup ke markas sekutu dan menggiring pasukan tempur lebih besar.

Setelah Perang Dunia II berakhir, ada banyak parasut berbahan nilon tersia di amerika. Angkatan darat Amerika Serikat melihal tersebut sebagai peluang untuk memanfaatkan terjun bebas sebagai olahraga dan hobi. Dari sini-lah para pecinta Sskydiving atau terjun bebas mulai membentuk komunitasn pertama kalinya di Amerika Serikat.
Setelah itu, skydiving mengalami perkembangan cukup pesar di seluruh duia. Kejuaraan terjun bebas dunia pertama kali digelar di Yugoslavia pada tahun 1951. Seiring berjalannya waktu, teknik untuk skydiving diperbarui supaya para penerjun bisa lebih nyaman dan aman.

Kalau penasaran ingin mencoba olahraga esktrem, berikut rekomendasi tempat terbaik untuk skydiving di luar negeri:

1. Gunung Himalaya, Nepal
2. Victoria Falls, Zambia
3. Palm Jumeriah, Dubai
4. Grand Canyon, Amerika Serikat
5. Pattaya, Thailand

Di Indonesia juga ada beberapa tempat terbaik untuk skydiving. Banyak pecinta skydiving datang ke Indonesia untuk mencoba tempat-tempat skydiving yang ada di Indonesia.

Tempat terbaik skydiving di Indonesia:
1. Pulau Setoko, Batam
2. Megamas, Manado
3. Nusawiru, Jawa Barat
4. Gunung Bromo, Jawa Timur
5. Danau Lido

Penasaran untuk mencoba melompat dari ketinggian ribuan kaki dan meluncur dengan kecepatan 200 kilometer per jam serta menikmati pemandangan keindahan alam dari ketinggian yang tidak biasa? Langsung meluncur ke tempat di atas untuk mencoba skydiving.

Reporter: Anggitasari Prasetyani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini