Ini Lima Tanda Imunitas Kamu Bakal Keok Hadapi Covid19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sistem kekebalan tubuh yang baik disebut-sebut sebagai faktor paling ampuh untuk menghadapi pandemi Covid19 saat ini. Namun, bagaimana kita tahu imunitas tubuh kita buruk?

Seperti dilansir Livestrong dan dikutip Antaranews, setidaknya ada lima hal yang menjadi tanda imunitas kamu lagi drop;

1. Diare atau sembelit
Diare kronis atau sembelit bisa jadi pertanda sindrom iritasi usus besar (IBS). Sindrom itu terjadi karena sistem kekebalan tubuh kita yang lemah dan stres.

Diare bisa terjadi karena Kamu mengonsumsi makanan yang tinggi gula, biji-bijian olahan, dan lemak trans serta lemak jenuh. Semua makanan itu menyebabkan disfungsi kekebalan dan mengganggu mikrobioma usus. Maka, lebih banyak makan makanan berserat dapat membantu.

2. Lama Pulih dari Sakit atau Luka
Jika kita terluka seperti diungkapkan Brian Chow dari Tufts Medical Center maka sistem kekebalan tubuh kamu bekerja. Hal itu ditandai dengan terbentuknya keropeng saat sel darah putih membantu melawan infeksi, sementara sel darah merah membangun jaringan baru.

Jika sistem kekebalan tubuh kamu lemah, semua proses itu memakan waktu lebih lama dan memperpanjang waktu penyembuhan.

3. Stres
Stres memicu peningkatan peradangan dalam tubuh. Jika semakin kronis, maka bisa merusak sistem kekebalan tubuh dengan menekan sel-sel yang melindungi tubuh kita dari penyerang, menurut Klinik Cleveland. Maka orang yang stres lebih rentan terhadap infeksi.

Memperkuat sistem kekebalan Kamu bisa dilakukan melalui yoga, berjalan-jalan di alam terbuka atau sekedar menelepon teman. Sebisa mungkin, temukan cara sehat untuk mengelola dan menghilangkan stres.

4. Sering infeksi telinga atau sinus
Jika Kamu mengalami lebih dari empat kali infeksi telinga atau tiga infeksi sinus dalam setahun, mungkin saja sedang mengalami imunodefisiens.

Bila ini terjadi, Chow merekomendasikan untuk menemui dokter spesialis alergi dan imunologi untuk bisa mendiskusikan kemungkinan perawatan.

5. Sangat lelah
Salah satu penyebab kelelahan adalah lemahnya sistem kekebalan Kamu. Kelelahan itu bisa diakibatkan Kamu mengalami anemia, gangguan tidur atau sleep apnea, kelainan endokrin atau kondisi lainnya.

Ketika sistem kekebalan Kamu berjuang untuk membuat sehat, justru bisa membuat Kamu merasa lelah, karena membutuhkan energi.

Maka, jadikan tidur sebagai prioritas. Patuhi jadwal tidur-bangun yang teratur dan buat lah kamar Kamu gelap, sejuk, dan hanya untuk tidur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini