Ini 5 Jenis Masker Anti Polusi yang Cocok Digunakan Warga Jakarta

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kualitas udara di Jakarta bukan lagi memprihatinkan, tapi benar-benar tak bisa lagi ditoleransi, dan belum ditemukan jalan tepat untuk penyelesaiannya. Rencana-rencana kebijakan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk mengatasi polusi hanya menimbulkan kontroversi, bukan sesuatu yang pasti.

Daripada pusing memikirkan kebijakan pemerintah daerah, lebih baik menjaga diri sendiri dan meminimalisir dampak polusi dari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker yang tepat saat berada di luar ruangan.

Nah, setidaknya ada 5 jenis masker anti polusi yang pas buat kamu pakai selama berada di luar, agar zat-zat berbahaya terhindar masuk tubuhmu. Berikut selengkapnya.

1. Masker Bedah

Masker Bedah
Masker Bedah

 

Masker ini umum dipakai oleh warga Jakarta saat berada di luar ruangan. Meskipun namanya masker bedah, bukan berarti dijual hanya di apotek, rumah sakit atau pusat kesehatan saja, melainkan juga di mini market. Masker ini mampu menyaring partikel mikroorganisme berukuruan kecil, namun kurang efektif untuk melindungi tubuh dari zat kimia, gas dan uap.

2. Masker Kain

Masker Kain
Masker Kain

 

Dari namanya, tentu saja bahan utama masker ini adalah kain. Masker ini mampu melindungi tubuh dari masuknya zat-zat polusi dan dapat dipakai berkali-kali jika dicuci dengan bersih. Namun, masker ini juga masih belum cukup membuat kita terlindung dari partikel polusi yang lebih kecil.

3. Masker R95

Masker R95
Masker R95

 

Masker ini lebih baik dari masker kain maupun bedah. Filter pada masker ini mampu menahan paparan minyak, dan cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari polutan yang mengandung aerosol, seperti kabut asap hasil pembakaran bahan bakar fosil sejenis batu bara, BBM maupun gas. Hanya saja, masker ini sulit didapatkan, dan hanya bisa dipakai 8 jam saja.

4. Masker N95

Masker N95
Masker N95

 

Jenis masker ini beda dengan masker tipe R, karena masker N95 lemah jika melindungi tubuh dari paparan polusi akibat pembakaran minyak, namun efektif untuk menghalau asap. Makanya, masker ini banyak dipakai oleh pemadam kebakaran. Sayangnya, masker ini harganya mahal, sulit didapatkan dan ya, harus diganti tiap 8 jam.

5. Masker P95

Masker P95
Masker P95

 

Ini adalah jenis masker yang bisa dibilang penyempurna dari tipe R maupun N. Masker ini sangat tahan terhadap polutan yang mengandung minyak dan lainnya. Harganya juga tentu jauh lebih mahal, namun efektif. Jenis masker P tidak bisa digunakan selama 40 jam atau penggunaan 30 hari.

Berita Terbaru

Kemarau Ancam DIY hingga Akhir Tahun, 23 Kelurahan di Kulon Progo Rawan Kekeringan

Sebanyak 23 kelurahan di tujuh kapanewon wilayah Kulon Progo dikategorikan rawan kekeringan selama kemarau panjang 2024. Kalurahan-kalurahan ini tersebar...
- Advertisement -

Baca berita yang ini