Ini 10 Peristiwa Nasional Paling Dicari Lewat Google Sepanjang 2019

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA - Mesin pencari Google paling banyak digunakan orang Indonesia untuk menemukan konten idamannya sehingga kita bisa mengetahui kecenderungan yang terjadi.

Penasaran peristiwa apa saja yang dicari orang Indonesia lewat google? Berikut daftarnya :

1. Audrey
Masih ingat dengan kasus penganiayaan bocah SMP di Pontianak? Kasus ini cukup menyita perhatian masyarakat baik yang ada di Indonesia hingga luar negeri. Bahkan sampai seseorang membuat sebuah petisi sebagai bentuk dukungan agar kasus itu segera ditangani oleh pemerintah. Audrey adalah seorang siswi SMP yang diduga dianiaya oleh 12 orang siswi SMA karena dianggap merebut pacar mereka.

2. Cacar Monyet
Isu wabah cacar monyet yang disebut masuk Indonesia juga cukup membuat masyarakat panik. Berawal dari foto yang beredar di Facebook dengan keterangan “Hati-hati cacar monyet sudah masuk ke Batam.”

Awalnya virus cacar monyet ditemukan pada negara tetangga yakni Singapura, virus itu dibawa seorang warga negara Nigeria yang baru saja datang ke Singapura. Sebelum dirinya datang ke negara singa tersebut, orang Nigeria itu sempat menghadiri sebuah resepsi pernikahan dan menyantap daging satwa liar. Di situlah dia tertular virus cacar monyet.

3. Sidang MK                                                                                                  Pemilihan presiden tahun ini memang paling menguras energi. Namun hal yang menarik masyarakat indonesia adalah sidang sengketa hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Informasi soal gugatan yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu banyak dicari orang Indonesia. Hasil akhirnya semua sudah mengetahui yaitu pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin keluar sebagai pemenang.

4. Tangkuban Parahu
Awal agustus 2019 Gunung Tangkuban Perahu kembali menunjukkan aktivitasnya, hingga statusnya ditingkatkan dari dari level normal ke waspada. Pada Rabu 4 September 2019 pagi sekitar pukul 07.30 WIB Gunung Tangkuban Perahu kembali meletus, menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) erupsi menerbangkan kolom abu hingga 100 meter dari kawah dengan warna putih hingga kelabu.

5. Kompensasi PLN
Pemadaman listrik masal yang dilakukan PLN pada 4 Agustus 2019 memberikan dampak pada 21 juta pelanggan serta aktivitas masyarakat. Pemadaman itu terjadi di sejumlah wilayah seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sebagian Jawa tengah. PLN menyampaikan hal sebagai permintaan minta maaf atas apa yang ditimbulkan akibat pemadaman listrik tersebut, ia memberikan kompensasi berupa pengurangan tagihan listrik.

6. BMKG Gempa
Pencarian “gempa hari ini terjadi di mana” menjadi informasi yang sering dicari masyarakat setiap harinya. Indonesia sendiri merupakan daerah yang rawan dengan gempa, setiap harinya terdapat gempa-gempa yang terjadi meski tidak begitu terasa. Sehingga informasi dari BMKG khususnya gempa menjadi informasi yang ditunggu-tunggu.

7. RUU KPK
Di akhir masa jabatannya DPR membuat satu keputusan yang cukup mengagetkan masyarakat yaitu mengesahkan revisi undang-undang KPK. Banyak yang menilai ini merupakan langkah DPR dalam memperlemah peran KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia. Sebagai bentuk perlawanan, masyarakat melakukan aksi demo di berbagai daerah bahkan sampai menelan korban banyak.

8. Mobil Esemka                                                                                                      Mobil produksi Indonesia itu menjadi topik pembahasan di masyarakat karena disebut mirip dengan salah satu produk mobil buatan China. Selain itu perusahaan tersebut juga dianggap memiliki hubungan dekat dengan Presiden Joko Widodo terutama semasa masih menjabat Walikota Solo.

9. Tol Cipularang                                                                                                        Tol yang terkenal dengan keangkerannya itu kembali menelan korban di tahun 2019. Pada 2 September 2019 terjadi kecelakaan beruntun yang menewaskan 8 orang dan 28 orang lainnya luka-luka. Kecelakaan itu terjadi di kilometer 91 tol tersebut. Rem blong dan kelebihan muatan ternyata penyebab utamanya.

10. MRT Jakarta                                                                                             Transportasi terbaru yang hadir di Jakarta ini juga cukup menarik perhatian masyarakat. Masyarakat berbondong-bondong mencoba kereta bawah tanah pertama di Indonesia itu.(Nita Khairani)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini