Ingin Furnitur Kayu Tetap Awet? Ini Cara Merawatnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Furnitur kayu memiliki warna yang lembut dan sentuhan hangat di rumah. Namun hanya beberapa orang yang paham dan peduli dengan perawatannya. Padahal, jika dirawat dengan baik maka furnitur kayu bisa tetap bersih dan awet.

Menurut AsiaOne, ada beberapa cara untuk merawat furnitur kayu. Pertama adalah menjauhkan sinar matahari karena bisa merusak furnitur kayu. Mengingat sinar matahari bisa menimbulkan kerusakan.

Kedua, menjauhkan furnitur kayu dari peralatan panas  karena bisa menyebabkan kehilangan kelembapan dan menyebabkan deformasi, retak, dan masalah lainnya. Setidaknya, berikan jarak minimal 1 meter dari furnitur kayu saat meletakkan peralatan pemanas dan pengering.

Ketiga, yaitu dengan melakukan waxing pada furnitur kayu untuk mengunci kelembapan pada kayu dan secara efektif mencegah furnitur mengering dan berubah bentuk. Oleskan lilin kayu pada permukaan dengan lembut lalu seka dengan kain katun untuk mengurangi daya rekat debu dan meningkatkan kilap.

Keempat, radiasi infra merah akan meningkatkan suhu furniture kayu. Saat sinar matahari menghilang di malam hari, suhu furnitur kayu akan turun dengan cepat.

Terakhir, yaitu menjauhkan furnitur kayu dari sinar ultraviolet karena bisa mengurangi kekuatan serat kayu furnitur sehingga menyebabkan perubahan warna.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini