Ingat Ya! Jangan Langsung Olahraga usai Makan, Ini Bahayanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Olahraga adalah kegiatan yang berguna untuk menyehatkan jasmani dan rohani manusia. Tapi, jangan dilakukan setelah makan ya.

Dokter Spesialis Olahraga, Dr. Sophia mengatakan bahwa, olahraga akan berbahaya jika dilakukan setelah makan, karena bisa menimbulkan kram dan pusing. Menurut dia, ketika selesai makan, aliran darah akan mengalir ke saluran pencernaan.

Setelah makan, tubuh manusia akan memfokuskan aliran darah pada sistem pencernaan untuk menyerap seluruh nutrisi dari makanan yang telah kita makan. Sedangkan saat kita olahraga, tubuh akan memfokuskan aliran darah hanya kepada otot.

Ketika melakukan olahraga setalah makan, aliran darah yang seharusnya mengalir ke pencernaan akan dialihkan ke otot oleh sistem saraf. Jika ingin tetap berolahraga setelah makan, maka lakukanlah minimal satu hingga dua jam kemudian. Berikan tubuh waktu untuk mencerna dan menyerap seluruh nutrisi makanan.

Menurut professor klinik Ilmu Kesehatan di Universitas California, Dr Daniel, makan sebelum berolahraga sangat tidak tepat. Ia lebih menganjurkan untuk melakukan makan sebelum melakukan olahrga.

Dampak-dampak berbahaya akan muncul apabila kamu tetap melakuan olahraga rutin setelah olahraga, yaitu:

  1. Mual dan Muntah
    Gerakan olahraga yang berlebihan akan mempengaruhi kondisi perut setelah makan. Goncangan ketika berolahraga akan menyebabkan rasa mual setelah olahraga. Jika aktivitas ini dilakukan secara terus menerus, maka berakibat muntah. Makanan yang akan terbuang sia-sia dan penyerapan nutrisi tidak berjalan secara maksimal.
  2. Kram Pada Perut
    Ketika perut kamu terisi penuh oleh makan, kemudian langsung berolahraga setelahnya maka akan berakibat pada kram di bagian perut. Kram perut muncul karena perut yang terisi penuh oleh makanan dipaksa untuk menarik sendi ketika olahraga.
  3. Berat Badan Naik
    Menurut penelitian yang menguji hubungan berat badan dan waktu makan sebelum atau sesudah olahraga menunjukkan bahwa peningkatan berat badan secara signifikan terjadi pada orang yang makan sebelum berolahraga. Ketika olahraga dilakukan setelah makan, maka setelah olahraga kita cenderung akan merasa lapar kembali. Hal ini berarti olahraga setelah makan bukan untuk mengurangi kalori namun justru menambah kalori penambah berat badan.

Reporter: Shafira Annisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini