Ibu Muda Ini Berikan ASI ke Putranya hingga Berusia 8 Tahun, Gak Malu?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI pada anak sampai dia berusia 2 tahun atau lebih. Dan, kebanyakan wanita juga akan menyapih anaknya di usia tersebut.

Namun, rupanya di Michigan, Amerika Serikat, ada seorang ibu yang menyusui kedua putranya hingga usia 8 tahun. Bahkan, pemberian ASI dilakukan rutin tiga kali sehari.

Ialah Laura Smith (25) ibu dari Joel dan Bennett hingga tiga kali sehari. Smith menyusui kedua putranya sampai mereka berusia 8 tahun.

Dilansir The Sun, Jumat 22 Mei 2020, Smith mengklaim bahwa kedua anaknya itu tidak pernah terserang flu atau pun pergi ke dokter umum berkat nutrisi dari ASI-nya.

Meski ia menyusui hingga putranya 8 tahun, ia tak pernah malu. Justru, ia merasa melakukan hal yang benar untuk membesarkan anak dengan langkah tersebut.

“Saya ingin mendorong lebih banyak ibu untuk merawat anak-anak mereka, berapa pun usianya. Putra-putra saya dalam kondisi kesehatan yang sangat baik dan kami memiliki ikatan khusus karena ini. Saya pikir batasan menyusui anak saya itu sampai 8 tahun tapi jika mereka masih menginginkan, saya tidak akan menghentikan mereka,” kata Smith.

Smith pun tak menampik bahwa ia kerap menerima perkataan kurang menyenangkan dari orang lain ketika dia menyusui di depan umum. Padahal, dirinya ingin mematahkan stigma buruk tentang pemberian ASI yang lama.

“Saya menyusui anak saya, lima, enam kali sehari dan tidak akan berhenti sampai dia berusia delapan tahun. Orang lain mengejek saya tetapi saya tidak peduli dengan hal itu,” kata Laura.

BACA JUGA: Sesat! Ibu Ini Gunakan Air Kencing untuk Obati Infeksi Jamur di Lidah Bayinya

Anak pertama Laura dan suaminya, Zane (28), lahir pada Mei 2015. Seiring bertambahnya usia Joel, Laura terus menyusuinya dan dia tidak punya rencana untuk berhenti.

“Jadi pemberian ASI dalam waktu lama (telah) menjadi tradisi di keluarga saya. Saya mulai memberi anak saya sedikit ubi jalar, tetapi dia terus menyusu sampai enam kali sehari,” ucap Smith.

“Saya tidak punya masalah dengan persediaan ASI saya sehingga saya tahu saya bisa melewati satu tahun. Ketika dia berusia delapan bulan, saya memperkenalkan beberapa makanan padat seperti alpukat, apel, dan pir untuk dimakannya di sela-sela pemberian ASI,” ucap Laura.

Laura bersyukur, suami dan keluarga saya sangat mendukung. Pada November 2017, Laura melahirkan putra bungsunya, Bennett. “Sangat sulit untuk mengatakan tidak kepada Joel ketika saya perlu memberikan ASI kepada Bennett. Itu adalah ikatan yang hanya kami berdua bagi sampai saat itu. Sehingga ada kecemburuan di dalamnya.”

Joel merasa akan ditinggalkan dengan kehadiran Bennett, adiknya. Oleh karenanya, Laura segera melakukan tandem untuk menyusui kedua putranya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini