Ibu Hamil Merapat, Air Kelapa Banyak Manfaatnya Lho

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Air kelapa nyatanya tak hanya bisa menyegarkan dan menghilangkan dahaga, namun juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama ibu hamil.

Dalam satu gelas air kelapa atau sekitar 250 ml mengandung kalori, lemak, natrium, kalium, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin C, kalsium, dan zat besi.

Beberapa jenis mineral yang terkandung dalam air kelama dikenal sebagai elektrolit. Elektrolit adalah mineral yang memiliki muatan listrik dan sangat berperan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Selain itu, air kelapa muda mengandung antioksidan yang berperan penting untuk mengendalikan radikal bebas. Radikal bebas ini jika dibiarkan bisa memicu berbagai penyakit kronis.

Kandungan nutrisi yang amat kaya dalam air kelapa ini juga dipercaya oleh banyak orang untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Berikut adalah berbagai manfaat air kelapa bagi ibu hamil, di antaranya adalah:

  1. Menggantikan elektrolit yang hilang
    Ibu hamil sering mengalami morning sickness, yang merupakan keluhan yang dialami hampir seluruh ibu hamil. Keluhan ini berbentuk mual dam muntah yang terjadi sehingga ibu hamil akan mengeluarkan banyak cairan tubuh. Hal ini menimbulkan sang ibu kekurangan elektrolit. Air kelapa menjadi pilihan yang tepat bagi ibu hamil untuk menggantikan ekektrolit yang telah hilang karena mengandung sejumlah elektrolit, seperti kalium, natrium dan magnesium.
  2. Mencegah infeksi saluran kemih
    Infeksi saluran kemih sering terjadi selama masa kehamilan. Kondisi ini diakibatkan oleh perubahan hormone saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih dan menyebabkan ibu hamil akan mudah terkena infeksi. Air kelama dipercaya sebagai diuretik alami yang dapat membantu memudahkan urin untuk keluar dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.
  3. Mencegah dehidrasi
    Ibu hamil harus memenuhi asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Mengonsumsi air kelapa dapat mencukupi cairan pada tubuh, sehingga ibu hamil akan merasa lebih segar dan tidak mudah merasa lelah.
  4. Meningkatkan perkembangan janin
    Dalam sebuah jurnal penelitian, mineral yang terkandung dalam air kelapa memiliki manfaat untuk menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah dan preeklampsia.
  5. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
    Antioksidan, vitamin dan mineral dalam air kelapa muda disinyalir dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Antioksidan ini akan melindungi ibu hamil dan janin dari serangan berbagai macam penyakit. Kandungan asam laurat yang menghasilkan monolaurin dalam air kelapa membentu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan berbagai penyakit.

(Shafira Annisa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemkab Sleman Gelar Seremonial Pamitan Calon Jamaah Haji Sleman tahun 2024

Mata Indonesia, Sleman - Sebanyak 1.253 calon jamaah haji asal Kabupaten Sleman mengikuti kegiatan pamitan haji tahun 2024 yang diselenggarakan Pemkab Sleman dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (17/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini