Home Gaya Hidup Hujan-hujan Enaknya Makan Siang Pakai Sayur Asem, Gampang Lho Bikinnya

Hujan-hujan Enaknya Makan Siang Pakai Sayur Asem, Gampang Lho Bikinnya

0
442
sayur

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman kuliner. Salah satu kuliner khas Nusantara adalah sayur asem.

Sesuai dengan namanya, sayur ini memiliki cita rasa asam yang segar dan sedikit pedas. Sayur ini juga memiliki rasa gurih sehingga cocok jika disajikan dengan nasi hangat, ikan asin dan sambal. Terasa lebih nikmat makan pakai sayur asam di saat cuaca sedang hujan.

Konon, sayur asem berasal dari wilayah Jawa Barat, Banten dan Jakarta. Namun, kini hidangan sayur asem dapat ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Setiap daerah memiliki kreasi sayur asem yang berbeda-beda. Sayur asem ini sering dihidangkan sebagai makanan rumahan.

Di wilayah Sumatera, contohnya seperti di Sumatera Utara, sayur asem disajikan dengan kuah yang lebih keruh, berminyak dan berwarna kemerahan. Sayur asem yang ada di Aceh berbeda dengan sayur asem di wilayah lainnya, karena memakai belimbing wuluh dan daun ubi jalar sebagai bahan baku pembuatannya.

Lain halnya dengan sayur asem yang dibuat oleh masyarakat Kalimantan Selatan yang memakai terung asam, kunyit dan kepala ikan patin. Di Pulau Jawa itu sendiri, kuah sayur asam cenderung tidak berwarna atau bening dan rasanya pedas.

Agar rasa sayur asem menjadi masam, biasanya menggunakan asam jawa yang langsung disak atau dengan menambahkan air larutan asam jawa. Sayur asem sudah ada sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia. Dahulu, sayur asem adalah masakan kalangan bawah, karena yang menimatinya hanyalah masyarakat yang sedang dilanda kesusahan.

Saat itu, bangsa Belanda menguras habis kekayaan Indonesia, salah satunya tanaman rempah-rempah. Namun, tanaman asam atau pohon asem tumbuh subur di tanah Betawi. Atas dasar kondisi tersebut, masyarakat Indonesia mulau memutar otak untuk membuat masakan dengan berbahan dasar asam dan cabai. Sayur asem juga diberikan isian aneka sayuran yang terkesan tidak teratur.

Sayur asem mengandung sebuah filosofi yang sangat berguna bagi kehidupan. Sayur asem bermakna keanekaragaman. Hal ini tercermin dari isian dari sayur asem yang beragam mulai dari biji-bijian seperti kacang tanah dan melinjo hingga hingga sayuran seperti nangka, labu, papaya muda dan jagung manis.

Di bawah ini resep pembuatan sayur asam sederhana yang dapat kalian ikuti untuk menu masakan sederhana keluarga di rumah.
Bahan:
• 2 lembar daun salam
• 2 cm lengkuas
• Melinjo secukupnya
• Kacang tanah secukupnya
• 50 gram papaya muda
• 20 gram asam jawa dan 4 sendok makan air, dilarutkan
• 1 ½ sednok makan garam
• ½ sendok makan gula pasir
• 2.500 ml air
Bumbu Halus:
• 6 Butir bawang merah
• 4 Siung bawang putih
• 5 Butir kemiri disangrai
Cara Membuat:
1. Siapkan panci.
2. Isi dengan air
3. Masukkan bumbu halus
4. Rebus sampai harum
5. Masukkan bahan-bahan yang telah disediakan.
6. Rebus semua sampai matang
7. Angkat dan sajikan,

Reporter: Shafira Annisa

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here