Hati-hati, Konsumsi Jeruk Berlebih Bisa Sebabkan Berat Badan Bertambah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jeruk seringkali disebut sebagai buah yang kaya akan manfaat. Namun, jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, tentu saja efek negatif yang akan Anda dapatkan.

Di balik segudang manfaat yang diberikan jeruk ternyata memiliki efek samping yang harus diwaspadai. Dalam 100 gram jeruk mengandung 47 gram kalori, 87 gram air, 0,9 gram protein, 11,8 gram karbohidrat, 9,4 gram gula, 2,4 gram serat, dan 76 persen DV (nilai harian) vitamin C, dan kaya akan nutrisi. Namun, sekali lagi jeruk harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas ya!

Jeruk yang memiliki sifat asam dapat menyebabkan iritasi pada perut pada penderita GERD atau asam lambung. Idealnya, orang yang memiliki riyawat penyakit asan lambung atau kadar kalium tinggi dalam tubuh perlu berkonsultasi ke dokter sebelum makan mengonsumsi jeruk.

Jika Anda mengonsumsi jeruk dalam jumlah yang besar, yakni 3-4 buah setiap hari dapat menimbulkan beberapa pengaruh negatif.  Berikut adalah pengaruh negatif akibat terlalu banayk mengonsumsi jeruk seperti yang dilansir livestrong.com yaitu:

  1. Perut mulas

Perut sering mulas atau dalam istilah medis disebut sebagai gastroesophageal reflux, bisa jadi sangat menyakitkan. Buah jeruk tidak akan membuat asam dalam perut anda naik, tetapi kandungan asam alami yang ada pada jeruk akan memperparah maag yang Anda miliki.

  1. Berat badan naik

Jeruk diketahui rendah kalori dibandingkan dengan permen, keripik, barang panggang dan makanan ringan lainnya. Namun, bukan berarti jeruk tidak mungkin membuat berat badan Anda bertambah ya! Konsumsi jeruk berlebihan berarti Anda akan mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda mungkin pikirkan.

Misalnya, jeruk dengan berat 6 1/2-ons jeruk mengandung sekitar 85 kalori. Tapi jika anda mengonsumsi lebih dari satu buah jeruk dalam sehari, maka Anda tentu dapat menghitung berapa kalori yang dihasilkan dari jeruk yang anda makan.

  1. Diare dan kram perut

Sembelit bukan satu-satunya komplikasi pencernaan yang akan Anda alami jika terlalu banyak mengonsumsi jeruk. Jika Anda terlalu banyak makan jeruk yang di dalamnya banyak mengandung serat akan membuat kram pada perut Anda.

  1. Enamel gigi rusak

Keasaman yang dikandung oleh buah ini ternyata bisa membuat enamel gigi rusak dan sekali lagi, jika Anda mengonsumsinya secara berlebih. Menurut studi tahun 2011 yang dipublikasikan oleh British Journal of Nutrition, buah jeruk dengan jenis grapefruit bahkan bisa lebih bersifat erosi dibandingkan minuman bersoda. Nah, enamel ini berfungsi untuk melindungi gigi, sehingga sangat penting untuk tak mengonsumsi jeruk dalam porsi yang banyak.

Itu tadi beberapa efek dari makan jeruk yang terlalu banyak. Cukup makan satu buah jeruk setiap hari sudah bisa memenuhi kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selalu bijak dalam mengonsumsi apa pun. Tentu anda tidak ingin kan mendapatkan hal buruk yang awalnya telah anda rencanakan untuk memberikan manfaat yang baik untuk tubuh anda.

 

Reporter : Syifa Ayuni Qotrunnada

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini