Gusimu Sering Berdarah? Mungkin 4 Faktor Ini Penyebabnya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kamu punya masalah dengan gusi yang sering berdarah secara tiba-tiba? Jangan pernah remehkan masalah tersebut, harus dicari tahu apa sebabnya.

Meremehkan satu masalah kesehatan fisik, bisa berdampak fatal untukmu. Mengutip laman How Stuff Works, ini 4 faktor yang mungkin jadi sebab gusimu sering berdarah:

1. Radang Gusi

Disebut dengan istilah ‘gingivitis’, radang gusi adalah sebab utama gusi sering berdarah dan bengkak. Radang biasanya disebabkan efek jangka panjang dari plak dan karang gigi.

2. Mulut Tak Bersih

Menjaga kebersihan mulut tak cukup hanya sikat gigi saja. Soalnya, sikat gigi terkadang masih meninggalkan plak yang terakumulasi di mulut dan merusak gusi.

3. Perubahan Hormon

Biasanya kondisi ini dialami ibu hamil. Fluktuasi kadar hormon akan meningkatkan aliran darah ke gusi dan jaringan lainnya di tubuh. Akibatnya, wajar jika dalam kondisi ini gusi sering berdarah.

4. Masalah Pendarahan

Faktor serius lainnya adakah gangguan pendarahan yang biasanya disebut idiopatik thrombocytopenic puprpura. Gusi yang mengeluarkan darah bisa jadi disebabkan ketidakmampuan darah untuk membeku.

Berita Terbaru

Setiap 2 Oktober, Indonesia Rayakan Hari Batik Nasional

Mata Indonesia, Jakarta - Pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya, Indonesia merayakan Hari Batik Nasional. Batik merupakan warisan budaya...
- Advertisement -

Baca berita yang ini