Generasi Cashless, Ikuti 4 Cara Cerdas Kelola Keuangan Biar Gak Boros

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Layanan pembayaran digital hadir untuk memudahkan konsumen melakukan transaksi secara non tunai. Namun, sebagai generasi cashless juga harus cerdas dalam mengelola keuangan, jika tidak bisa memicu timbulnya sifat boros.

Transaksi non tunai kian diminati lantaran mudah, praktis dan aman. Contohnya adalah sistem QRIS yang dihadirkan untuk memungkinkan transaksi nirkontak yang aman dan praktis bagi pelaku bisnis dan pelanggan. Dengan adanya digitalisasi finansial, banyak orang dengan mudah mengeluarkan uang.

Maka dari itu, generasi cashless mari kelola keuangan dengan lebih bijak dengan 4 cara berikut ini.

  1. Mengatur Rencana Keuangan

Dengan mengatur rencana keuangan, dapat memahami kebutuhan finansial setiap bulan dan menyusun skala prioritas. Untuk membantu mengatur keuangan dengan mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi pengatur keuangan di smartphone.

Biasanya hanya akan diminta memasukkan angka ke dalam list yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, sistem akan menghitung sendiri kalkulasinya.

  1. Kenali Ragam dan Fitur Non-Tunai

Lakukan riset terhadap berbagai biaya terkait jenis transaksi yang akan digunakan. Seperti biaya transfer, biaya admin saat menggunakan layanan, biaya pengiriman, serta bunga suatu transaksi cicilan atau pinjaman.

Hal seperti itu biasanya sering terlupakan dan tergolong sebagai pengeluaran tak terduga saat mengevaluasi pengeluaran bulanan.

  1. Menggunakan Layanan Pembayaran Digital yang Tepat

Pilih layanan pembayaran digital yang cocok dengan kebutuhan. Pembayaran digital yang memberikan keringanan saat melakukan transfer ke berbagai bank secara gratis tanpa memberikan batas kuota, juga dapat menjadi pertimbangan untuk digunakan.

  1. Tidak Tergiur dengan Promo

Berbagai macam promo seperti cashback yang dilakukan melalui layanan pembayaran digital justru bisa jadi bumerang bagi kantongmu, karena promo serta diskon bisa bikin cepat lapar mata. Kamu harus disiplin dan punya self-control yang baik dalam transaksi secara non-tunai.

Dengan melakukan 4 cara diatas, kamu dapat mengelola keuangan dengan baik meskipun cashless.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini