Gak Cuma Puasa, Ini Amalan-amalan Sunnah di Bulan Muharram

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tahun baru Islam atau 1 Muharram 1442 Hijriah, umat Muslim diseluruh dunia berlomba-lomba mencari keberkahan di bulan yang baik ini. Di tahun ini, kaum Muslimin akan memperingati tahun baru Islam pada Kamis, 20 Agustus 2020.

Dengan bulan ini, Allah SWT membuka setiap tahun sesuai sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya Allah membuka tahun dengan bulan haram (bulan Muharram) dan megakhirinya pula dengan bulan haram (bulan Dzulhiah). Maka tiada bulan dalam satu tahun lebih agung di sisi Allah setelah bulan Ramadhan daripada bulan Muharram.”

Biasanya, menjelang bulan Muharram, umat Muslim dianjurkan untuk berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram yang disebut dengan puasa Tasu’a dan puasa Asyura. Akan tetapi, tahukah kamu ada amalan sunnah lainnya yang bisa kamu lakukan di bulan Muharram? Nih, berikut amalan-amalan sunnah di bulan Muharram untuk menambah pahalamu.

  1. Bersedekah

Amalan ini sangat dianjurkan untuk dilakukan saat bulan Muharram tiba. Sebagai momentum tahun baru Islam, Muharram sudah dianggap layaknya hari raya umat Muslim. Oleh karena itu, sangat baik jika kamu memperbanyak bersedakah di bulan Muharram.

Dalam hadis Jabir bin Abdullah RA, mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa melapangkan keperluan orang lain pada hari Asyura, maka  Allah akan melapangkan untuknya sepanjang tahun.”

2. Menyenangkan Keluarga

Memperbanyak bersedekah di bulan Muharram memang menyenangkan orang lain, apalagi orang-orang yang membutuhkan. Akan tetapi, kamu pun di sunnahkan untuk menyenangkan sanak keluargamu sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT di bulan Muharram ini.

Dari hadis Abi Sa’id al-Khudri, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menyenangkan sanak keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan memberikan kesenangan kepadanya (meluaskan rizkinya) di tahun-tahun berikutnya.” (HR. Al-Bhaiqi dan Ath-Thabarani).

3. Bertaubat

Meskipun umat islam sebenarnya dapat bertaubat setiap hari dan setiap waktu, namun saat bulan Muharram, kaum muslim sangat dianjurkan untuk bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT. Sebab, di hari Asyura, terdapat hari dimana Allah SWT akan memberi pengampunan kepada kaum Muslimin di bulan Muharram. Caranya, kamu bisa memulainya dengan shalat Taubat.

Aswad bin Yazid berkata, “Aku bertanya kepada Abin bin Amr tentang puasa Asura. Dia berkata: Pada bulan Muharram ada hari ketika Adam diberi ampunan. Bila engkau mampu, maka berpuasalah pada hari itu.”

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini