Gaes, Jangan Stress Bila Tak Ingin Berat Badan Bertambah!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagian orang mengalami penambahan berat badan seiring dengan bertambahnya usia, sebagian lainnya karena stress. Kondisi ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, laju metabolisme basal atau jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh mulai menurun dan begitu pula massa otot.

Selain itu, stress juga menjadi memainkan peran besar dalam bertambahnya berat badan. Menurut psikiater, Dr. Charlie Seltzer, bila stress melanda, salah satu respons tubuh adalah meningkatkan kadar hormone kortisol yang berakibat pada kenaikan berat badan.

Untuk diketahui, kortisol adalah hormone yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenalin yang meningkat karena tubuh merespons adanya ancaman. Dan sebagai hasilnya, glukosa dilepaskan ke aliran darah Anda yang menyebabkan penambahan berat badan.

Bagaimana stres dapat menambah berat badan?

Melansir Times of India, sebagai konsekuensi dari stres yang tidak dikelola dengan baik dan kurang tidur, peningkatan kadar kortisol merangsang nafsu makan Anda dan menghasilkan perilaku tidak sehat seperti:

– Ngemil yang tidak sehat – Stres bisa membuat kita makan berlebihan. Terutama makanan yang mudah diakses seperti makanan cepat saji, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara besar-besaran.

– Imobilitas – Peningkatan kadar kortisol akibat stres bisa membuat Anda malas. Hal ini pada gilirannya dapat menghambat aktivitas fisik Anda.

– Makan emosional – Karena perubahan hormonal menyebabkan perubahan emosi, oleh karena itu, energi saraf yang berlebihan dapat membuat Anda makan lebih banyak dari biasanya.

– Kehilangan atau peningkatan nafsu makan secara tiba-tiba – Anda mungkin juga kehilangan nafsu makan atau tiba-tiba merasa ingin makan. Ketidakteraturan dalam kebiasaan makan Anda dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Ada banyak cara untuk mengelola stres

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sangat penting bagi Anda untuk mengelola tingkat stres Anda. Stres yang meningkat bisa disebabkan oleh apa saja. Dari pekerjaan hingga hubungan asmara. Apa pun dapat menyebabkan stres.

Aktivitas fisik dapat mengurangi stres

Menambahkan rutinitas latihan ke rencana harian Anda dapat membantu Anda membakar banyak kalori. Ini tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga menjaga kebugaran dan pikiran yang sehat.

Diet yang tepat memainkan peran kunci

Menurunkan berat badan menuntut banyak hal. Namun, bukan berarti Anda membuat diri Anda kelaparan, melainkan lebih selektif dalam mengonsumsi makanan seimbang dan mengandung semua nilai gizi. Hindari makan makanan olahan dan cari alternatif yang lebih sehat, sehingga Anda merasa kenyang dan puas secara mental, emosional, dan fisik.

Tetap terhidrasi

Air merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh. Ini tidak hanya meningkatkan pencernaan Anda tetapi juga membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ini membantu tujuan penurunan berat badan Anda dengan membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini pada gilirannya menjaga tingkat stres Anda dan berat badan Anda tetap teratur.

Investasikan dalam teknik manajemen stres

Tambahkan yoga, meditasi, dan latihan pernapasan teratur ke rutinitas harian Anda. Ini akan membantu Anda menjaga kedamaian dan ketenangan, serta menjauhkan Anda dari semua rasa stress yang ditimbulkan kehidupan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini