Diabetes Hanya Terjadi pada Orang Obesitas, Mitos atau Fakta?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Semakin canggih dan maraknya teknologi membuat kebutuhan hidup manusia semakin dipermudah. Hal ini membuat gaya hidup masyarakat menjadi tak sehat, mengingat kini maraknya ojek online yang siap mengantar mereka ke mana saja dan kapan saja.

Tak cuma mengantar diri mereka sendiri, memesan makanan pun semua ada dalam genggaman di gadget-mu. Tentu hal tersebut sangatlah praktis. Namun, justru memperburuk gaya hidup karena minimnya gerak tubuh manusia.

Beberapa penyakit pun siap mengintai jika gaya hidup tak sehat terus dilakukan. Salah satunya obesitas yang bisa berujung pada penyakit gula atau diabetes. Namun, apakah diabetes hanya menyerang orang dengan berat badan berlebih?

Mitos atau fakta sih?

Faktanya, tak semua penderita diabetes selalu mengalami obesitas. Ada juga loh yang memiliki berat badan normal tapi juga berpotensi terkena penyakit ini.

Dilansir dari beberapa sumber, pada dasarnya, diabetes memiliki dua tipe. Diabetes tipe 1, merupakan penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem kekebelan tubuh menyerang sel beta yang memproduksi insulin ke pankreas.

Akibanya pankreas tidak bisa memproduksi insulin. Padahal, insulin merupakan hormon penting untuk menyalurkan gula ke sel-sel tubuh agar bisa menjadi energi.

Pada kasus diabetes 1 ini, sebagian besar pasien tidak memiliki berat badan yang berlebih. Melainkan faktor gen atau keturunan.

Lalu, ada diabetes tipe 2 yang mana penyakit ini bisa terjadi karena buruknya distribusi lemak dala tubuh. Mengartikan bahwa diabetes tipe 2 ini lebih sering dipengaruhi oleh pasien yang juga memiliki kelebihan berat badan. Namun, meski sebagian besar dipengaruhi oleh pasien yang obesitas, diabetes jenis ini juga memungkinkan menyerang orang yang sering merokok, gaya hidup pasif, hingga kelebihan kolesterol.

Sama seperti diabetes tipe 1, tipe 2 ini juga menyerang pankreas dan tidak bisa memproduksi insulin dengan cukup. Hal ini terjadi ketika lemak di perut hingga stres yang bisa memicu naiknya kadar gula darah.

Jadi, diabetes tak melulu menyerang pasien yang memiliki kelebihan berat badan. Individu dengan gaya hidup yang tak sehat juga bisa menderita penyakit diabetes. Untuk itu, terapkanlah pola hidup sehat sejak dini, rajin olahraga dan hindari stres.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hujan Deras masih jadi Ancaman di DIY, BPBD Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana

Mata Indonesia, Yogyakarta - BPBD DIY telah memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana dari tanggal 1 Maret - 31 April 2024. Sebelumnya, masa siaga darurat bencana berlangsung dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini