Di Tengah Pandemi Covid-19, Hindari Makanan dan Minuman Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memiliki imunitas tubuh yang optimal menjadi impian semua orang. Sistem kekebalan tubuh jadi hal terpenting saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Jikq ingin memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, banyak hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya adalah mengenai konsumsi makanan sehari-hari.

Faktanya, terdapat beberapa makanan yang bisa menurunkan kekebalan tubuh. Makanan-makanan ini mesti dikurangi, agar kamu tidak mudah terserang penyakit.

Berikut beberapa makanan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh:

1. Makanan mengandung gula

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula boleh-boleh saja tapi jika kelebihan konsumsi gula dapat menyebabkan peradangan dan akhirnya akan memengaruhi kesehatan dengan melemahkan sel darah putih. Maka dari itu secukupnya saja mengonsumsi makanan yang mengandung gula agar tubuh tetap sehat.

2. Kopi

Kopi adalahh minuman kesukaan banyak orang. Terlalu banyak mengonsumsi kopi yang mengandung kafein dapat menyebabkan masalah pencernaan, kembung, dan perut buncit. Kafein bersifat diuretik, yang menyebabkan dehidrasi dan juga bisa membuat kamu merasa mual. Alhasil, imunitas tubuh bisa turun.

3. Es krim

Di balik kenikmatan es krim, ada kirm dan susu berlemak penuh, yang membuatnya menjadi tinggi lemak jenuh. Selain itu, gula di dalamnya pun dapat meningkatkan peradangan dan meningkatkan kadar gula darah secara instan.

4. Keripik

Kalau sudah makan keripik pasti asik sendiri. Keripik banyak mengandung garam dan lemak. Terlalu banyak garam dapat melemahkan sistem kekebalan dalam jangka panjang dan menyebabkan gangguan seperti tekanan darah tinggi serta kolesterol.

5. Gorengan
Makanan yang digoreng cenderung berminyak dan berlemak, seperti tempe goreng, ayam goreng, dan lain-lain. Makanan yang digoreng dapat menekan sistem kekebalan.

Pola makan yang tinggi lemak telah terbukti dalam studi tahun 2016 berdampak negatif pada mikrobioma usus, yang memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan,

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini