Cewek Wajib Tahu, Cara Mengatasi Sunburn

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kekhawatiran yang paling umum, setelah lama berada di bawah sinar matahari adalah kulit terbakar atau sunburn.

Sunburn disebabkan karena paparan sinar UV yang berlebihan dari matahari atau sumber lain seperti tanning bed, sunlamps, dll.

Dengan paparan sinar matahari berulang kali, kulit mulai terlihat gelap, kusam, kasar, dan berubah warna.

Madhumeeta Dhar, Chief Research Officer, Plantas menyarankan beberapa cara untuk mengatasi sengatan matahari.

  1. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau 50
  2. Diperlukan untuk mengoleskan tabir surya setiap dua jam atau lebih sering jika Anda berkeringat banyak atau berenang.
  3. Disarankan untuk menghindari sinar matahari di tengah hari, terutama antara pukul 10:30 hingga 15:00. karena sinar UV yang menyebabkan kulit terbakar adalah yang paling kuat selama ini.
  4. Disarankan untuk memakai pakaian tertutup yang melindungi kulit Anda dari sinar matahari langsung. Pakaian tertutup seperti celana panjang berlengan panjang, dan topi bertepi lebar.
  5. Pakai kacamata hitam yang menyaring sinar UV.
  6. Kacamata membantu Anda melihat lebih baik saat berada di bawah sinar matahari. Mereka juga membantu melindungi mata Anda dari pengembangan katarak. Saat membeli kacamata hitam baru, pastikan kacamata tersebut menghalangi sinar UVA dan UVB matahari.

Selain itu, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dilakukan untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Air Dingin

Salah satu cara paling terkenal untuk mengobati peradangan adalah dengan mendinginkan area yang terkena dengan bantuan air dingin.

Ini adalah cara yang efektif untuk segera membantu kulit terbakar, bahkan jika sedang berada di luar, coba saja melompat ke dalam air, baik di kamar mandi, danau, sungai, atau laut.

Soda Kue dan Oatmeal

Salah satu cara paling efektif untuk mengobati kulit terbakar sinar matahari adalah dengan mencampurkan satu sendok makan soda kue ke dalam ember atau bak mandi yang berisi air dingin dan rendam selama sekitar 15 hingga 20 menit untuk membantu meminimalkan kerusakan akibat sinar matahari.

Menambahkan secangkir gandum ke dalam bak mandi juga menenangkan iritasi dan membantu kulit mempertahankan kelembapan alaminya.

Lidah Buaya

Gel di dalam tanaman sukulen ini telah digunakan selama berabad-abad untuk segala macam penyakit, mulai dari sakit perut hingga infeksi ginjal. Ini juga pereda sengatan matahari yang paling sering ditemukan di atas meja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini