Cara Hilangkan Rasa Pahit pada Pare

Baca Juga

MATA INDONESIA , JAKARTA – Semua tahu pare memiliki rasa yang pahit. Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa pahit tersebut?

Pare dipercaya ampuh menjadi obat diabetes atau menurunkan demam, hingga obat sembelit. Banyak orang ragù mengonsumsi pare karna rasanya yang pahit.

Jika tahu cara memasaknya, rasa pahit pada pare bisa dihilangkan. Supaya tak penasaran, begini cara memasak pare.

1. Memilih Pare yang Tepat
Memilih pare yang tepat karena ada jenis pare yang pahitnya masih bisa ditolerir lidah. Jenis pare yang tak terlalu pahit adalah pare yang masih muda.

Untuk membedakan pare yang tua dan muda tinggal dilihat dari warnanya saja. Biasanya pare yang muda warna hijau lebih cerah dibandingkan pare yang sudah tua.

2. Merendam Pare dengan Air Garam
Cara ini banyak dilakukan masyarakat karena merendam pare dalam air garam dipercaya bisa menghilangkan rasa pahit pada pare. Masukkan dua sampai tiga sendok garam lalu aduk rata dengan air. Rendam pare selama 15 menit lalu buang air garam dan bilas dengan mengalir.

3. Meremas Pare dengan Garam
Setelah merendam pare pakai air garam, selanjutnya meremas pare dengan garam diyakini bisa menghilangkan rasa pahit pada pare. Langkah pertama adalah meremas pare dengan garam. Setelah dicuci bersih, pare dibelah dua lalu keluarkan bijinya. Tampung di dalam wadah, lalu taburi pare dengan garam sebanyak 1-2 sendok makan sesuai dengan jumlah parenya. Lalu diamkan 15 menit.

4. Menggunakan Gula
Tak hanya garam, gula juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Caranya pun sama. Usai dipotong-potong, taburkan pare dengan gula. Setelahnya, remas-remas sampai pare menjadi lemas. Cuci pare di bawah air mengalir agar rasa manis dari gula tidak mengubah rasa pare.

5. Menghilangkan Bagian Tengah Pare
Salah satu sumber rasa pahit pare terletak pada bagian tengahnya. Untuk itu, kita perlu membelah dua pare dan menghilangkan bagian tengahnya. Cara menghilangkan bagian tengah pare ini mudah, kok. Cukup keruk dengan sendok sampai bagian tengah pare habis. Baru setelah dihilangkan bagian tengahnya pare bisa dipotong menjadi lebih kecil.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini