Bikin Sehat, Ini Delapan Manfaat dari Kuaci

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Kuaci merupakan camilan yang cukup populer di Indonesia. Selain murah, kudapan ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, karena rendah kalori dan sarat akan vitamin E.

Nah, kandungan vitamin ini bisa mengurangi risiko kanker usus besar dan diabetes. Bahkan untuk pria, dapat meningkatkan kesuburan, mengurangi hipertensi, meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah kerusakan mata.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi kuaci, apa saja, berikut penjelasannya:

1. Mencegah penyakit kanker

Kuaci mengandung selenium yang berperan untuk meningkatkan perbaikan DNA dan mencegah perkembangan sel kanker. Jenis mineral ini mampu melindungi tubuh dari kanker kulit, kemih, usus besar dan prostat. Minyak biji bunga matahari kaya akan karotenoid yang mengontrol kerusakan sel dan mencegah risiko perkembangan kanker paru, rahim, dan kulit.

2. Antioksidan yang baik

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan alami seperti nyeri sendi, infeksi lambung dan asma bisa diredakan dengan makan kuaci, sebab kuaci biji bunga matahari adalah sumber antioksidan yang baik.

3. Memelihara kesehatan kulit

Lemak yang terkandung pada kuaci mampu memelihara kesehatan kulit. Lemak esensial baik untuk mendorong pembentukan kolagen dan elastin. Keduanya membuat kulit senantiasa halus dan kenyal. Asam lemak memiliki komponen antibakteri sehingga kulit terlindungi dari jerawat.

4. Memelihara kadar homosisten

Kuaci juga mengandung folat yang membantu pertumbuhan sel-sel darah merah untuk metabolisme dan menjaga homosisten dan asam amino dalam tubuh agar tetap berada dalam keadaan normal.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Makan seperempat cangkir kuaci setiap hari mampu menjauhkan diri dari penyakit jantung. Pasalnya, kuaci mengandung lebih dari 60 persen vitamin E. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh untuk menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri sehingga mampu menunkan risiko kematian dini dari penyakit jantung.

6. Baik bagi kesehatan tulang

Kuaci mengandung kalsium, magnesium dan tembaga yang baik bagi kesehatan tulang dan vitamin E yang membantu meredakan rasa nyeri rematik.

7. Sebagai obat penenang

Kandungan magnesium dalam kuaci berfungsi sebagai ‘obat penenang’ sehingga penggemar kuaci akan dijauhkan dari stres, migraine dan tetap rileks.

8. Stimulasi pertumbuhan rambut

Kuaci mengandung beberapa jenis vitamin yang penting untuk kesehatan rambut, seperti zinc yang mampu membantu pertumbuhan rambut.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini