Berbicara Sendiri Tanda Gangguan Mental? Ini Faktanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA Berbicara pada diri sendiri sering kali dinilai sebagai perilaku yang aneh. Padahal berbicara pada diri sendiri baik dengan bahasa verbal yang terucap, maupun berbicara sendiri dalam hati dan pikiran, merupakan bagian penting dalam kesehatan mental.

Beberapa orang bahkan melakukannya secara rutin dan menganggap bahwa hal ini membantu dalam meningkatkan kesehatan mentalnya.

“Berbicara dengan diri sendiri adalah hal yang sangat normal dan wajar,” ujar Laura F. Dabney, seorang psikiatris di Virginia Beach, Amerika Serikat. Menurutnya, berbicara pada diri sendiri bukanlah tanda penyakit mental. 

Dengan berbicara pada diri sendiri, kalian bisa berpikir dengan lebih jernih dan teratur. Hal ini juga membantu kalianuntuk mengingat hal-hal yang perlu kalian pikirkan dan kerjakan setiap hari.

Selain itu, berbicara dengan diri sendiri juga bermanfaat pada kesehatan mental. Katakanlah jika kalian tengah mengalami masalah atau stres, berbicara pada diri sendiri justru dapat menolong kita berpikir lebih bijaksana.

Alangkah lebih baik lagi jika kalian membiasakan diri untuk berbicara pada diri sendiri dalam aktivitas sehari-hari misalnya untuk mengingatkan diri sendiri untuk tugas-tugas yang perlu dikerjakan, atau juga berbicara tentang hal-hal simpel yang terjadi di hari itu.

Kapan kebiasaan berbicara sendiri dianggap sebagai gangguan mental? Para ahli menyebutkan bahwa berbicara pada diri sendiri diasosiasikan sebagai masalah mental ketika perilaku ini disertai dengan keinginan untuk menyakiti diri sendiri.

Hal ini dapat diindikasikan sebagai masalah psikologis yang serius.

Masalah mental juga ditandai dengan membicarakan hal yang  sama secara berulang kepada diri sendiri.

“Jika yang dibicarakan selalu repetitif, seperti meracau mantra, perkataan negatif yang destruktif dan sulit dihentikan, mungkin ada masalah emosi di situ,” ujar Dabney.

Banyak ahli dan penelitian telah benar-benar melakukan penelitian di bidang ini, untuk melihat bagaimana berbicara dengan diri kalian sendiri bisa membantu. Inilah 4 cara terbaik, yang semuanya berbasis ilmiah!

Otak kalian bekerja lebih efisien.

Dalam sebuah eksperimen yang dilakukan oleh LiveScience, membicarakan sesuatu dengan keras kepada diri sendiri benar-benar memperkuat pikiranmu tentang apa yang sedang kamu lakukan.

1. Sebagai seorang anak-anak, Kalian akan belajar dengan lebih baik.

Bayi dan balita perlu mendengar suara mereka saat tumbuh beranjak dewasa. Karena menurut para peneliti, pidato mandiri dapat membantu menuntun perilaku anak-anak.

Dengan sering berbicara pada diri sendiri, maka selangkah demi selangkah mereka bisa melalui tugas yang harus mereka selesaikan. Dengan berbicara keras kepada diri kalian sendiri sebagai seorang anak muda, kalian dapat menyuarakan tujuan kalian dan menjadi lebih mahir dalam suatu hal.

2. Cara tersebut akan membantu kalian mengatur pikiran.
Berbicara kepada diri sendiri membantu kalian dalam memvalidasi keputusan penting, menurut psikolog Linda Sapadin. Dengan berbicara keras, kamu secara vokal memrioritaskan tugas dan mengatur ulang pikiran kalian.
Mendengar masalah kalian sendiri dengan disuarakan juga akan menenangkan syaraf kalian, bukan sekedar lewat di kepala kalian sebagai beban.
3. Kalian akan mencapai lebih banyak tujuan.


Mengulangi sesuatu dengan keras, terutama tujuan
kalian, akan membantu memperkuat perhatian dan fokuskalian, sekaligus menghilangkan gangguan dan beban yang bertumpuk. Dengan mengatakan dan mendengarnya, kalian secara mental mengondisikan otakkalian untuk berusaha lebih keras bisa mencapainya

Reporte : Nabila Kuntum Khaira Umma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini