Berat Badan Turun dan Tetap Sehat? Ikuti Pola Hidup Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Berat badan turun mungkin menjadi dambaan bagi beberapa orang apalagi jika selama prosesnya tubuh tetap sehat. Hal ini bukan mustahil apabila terjadi perubahan gaya hidup yang konsisten mulai dari pola makan yang baik hingga olahraga rutin.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, untuk menurunkan berat badan yang sehat bisa dilakukan secara bertahap. Mengingat, jika terlalu cepat bisa membuat tubuh kehilangan massa otot, tulang dan air.

Terdapat empat cara untuk menurunkan berat badan yang sehat. Pertama, yaitu dengan menahan godaan untuk mengonsumsi karbohidrat seperti makanan yang berbahan dasar tepung. Makanan ini dinilai memiliki kalori tinggi gula yang bisa menyebabkan berat badan naik.

Sebaiknya, mengganti makanan tinggi kalori dengan sumber makanan sehat seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Makanan yang berkarbohidrat kompleks dan tinggi serat lebih baik untuk dikonsumsi seperti misalnya nasi merah, nasi hitam, roti gandum, pisang dan wortel.

Kedua, yakni dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. Kandungan nutrisinya baik bagi otot, kulit dan rambut. Selain itu, kandungan protein tinggi juga bisa meningkatkan kualitas diet karena mampu membakar kalori lebih banyak.

Adapun makanan yang kaya akan protein meliputi daging ayam dan daging sapi tanpa lemak, ikan dan makanan laut serta telur.

Ketiga, yaitu dengan mengonsumsi sayuran hijau. Kandungan vitamin dan mineral terutama antioksidan dalam sayuran dan buah bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Terakhir, semua asupan tersebut juga harus diimbangi dengan olahraga teratur. Contohnya bisa dengan jalan cepat, jogging, bersepeda, berenang, berlari dan mengangkat beban.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini