Benarkah Air Kemasan Lebih Sehat daripada Air Ledeng?

Baca Juga

MINEWS.ID – Masyarakat perkotaan Indonesia sekarang lebih merasa sehat minum air mineral kemasan daripada masak sendiri.

Benarkah? BusinessInsider justru membuat laporan air kran atau air ledeng lebih aman dikonsumsi dibanding air kemasan.

Alasannya karena kualitas dan tingkat kontaminasi air ledeng diuji lebih sering dibanding air kemasan. Air kemasan juga memiliki kemungkinan tercemar partikel mikroplastik.

Belum lagi ada klaim palsu yang mengatakan beberapa air kemasan khusus dapat menambah oksigen, mengatur ulang kristal, dan manfaat lain.

“Padahal antara air kemasan dengan air ledeng hampir identik dalam hal kemurnian dan rasanya,” kata ilmuwan lingkungan Peter Gleick.

Faktanya setengah dari merek air kemasan, airnya berasal dari ledeng yang diproses lagi untuk menghilangkan sejumlah unsur di dalamnya.

Satu hal yang perlu diingat adalah memproduksi air kemasan merupakan proses yang mahal.

Oleh karenanya, tidak ada yang salah dengan mengonsumsi air ledeng selama dari hasil uji kualitas air tersebut baik.

Kalau pun skor pengujian air ledeng rendah, maka harus segera dilakukan koordinasi dengan pihak pemerintah daerah maupun pusat.

“Ketika ada masalah dengan air ledeng, solusinya adalah berinvestasi dalam memperbarui dan memperbaiki sistem air. Beralih ke air minum kemasan bukanlah solusi,” kata Peter Gleick.

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini