Ayah & Bunda, Yuk Ajari Anak-Anak Arti Persahabatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Untuk balita dan anak pra-sekolah, ini ada waktu di mana mereka akan bertemu dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Ini juga usia di mana mereka harus belajar tentang berteman dan mengatur hubungan.

Sayangnya, COVID-19 telah membuat segalanya terbalik. Meski demikian, ayah dan bunda dapat memanfaatkan momen ini untuk membantu mereka memahami arti persahabatan –yang biasanya merupakan proses yang sangat alami bagi mereka.

Dalam pertemanan, buah hati Anda akan tersenyum, menangis, berkelahi, berebut mainan, berbaikan, dan bermain. Para ahli merasa bahwa membantu anak-anak memahami konsep ‘persahabatan’ sejak dini dapat membantu dalam interaksi dengan teman sebaya dan membangun hubungan yang positif.

Ajari arti berbagi

Bantulah mereka memahami bagaimana berbagi adalah bagian penting dari persahabatan. Anda memasuki kelas atau kelompok bermain, Anda harus bekerja sama dan bermain bersama atau mempelajari konsep bersama. Jadi, penting untuk berbagi senyuman, mainan, dan waktu! Ajari mereka betapa menyenangkan dan pentingnya bekerja sama dan menjelajahi kehidupan bersama. Ini juga akan membantu mereka berbagi perasaan secara terbuka.

Biarkan anak Anda merasakan banyak hal dari persahabatan

Bantu anak Anda memahami bagaimana rasanya bersama anak lain. Tanyakan padanya bagaimana rasanya menghabiskan waktu dengan anak tertentu. Jangan segera memperbaiki masalah yang mereka angkat. Coba dan berdayakan mereka. Sarankan bagaimana mereka dapat menanggapi dan biarkan mereka tahu Anda mendukung mereka. Biarkan mereka terluka, akui, dan sembuh. Tetapi ada kalanya Anda harus turun tangan ketika teman anak Anda menindasnya atau menunjukkan tanda-tanda depresi.

Bantu buah hati Anda agar menjadi teman yang baik

Tentu saja, setiap orang tua ingin anak-anaknya dikelilingi oleh teman-teman yang mengeluarkan yang terbaik dari diri mereka. Tetapi kenyataannya tidak selalu seperti itu. Kendati demikian, jangan berbicara negatif tentang temannya di hadapan anak Anda. Perkuat perilaku yang baik, dorong mereka untuk mendukung teman mereka dan merayakan pencapaiannya. Dorong kebaikan dan empati, yang merupakan alat penting untuk perkembangan anak Anda.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini