Apakah Boleh Minum Kopi Setiap Hari? Begini Penjelasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kopi memang menjadi salah satu minuman paling populer dan disukai banyak orang. Minum kopi juga bisa meningkatkan energi, suasana hati, serta fungsi otak. Namun, jika dikonsumsi setiap hari dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh.

Minuman ini tersedia dalam beragam jenis, ada kopi hitam klasik atau kopi tubruk, kopi luwak, kopi hijau, dan kopi putih atau white coffee. Kopi pun menjadi salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara.

Dilansir dari Alodokter, kopi memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi minuman ini juga memiliki beberapa efek samping. Terlebih jika mengonsumsi kopi setiap hari dan terlalu banyak. Berikut bahaya minum kopi setiap hari yang perlu diketahui:

  1. Memicu Rasa Cemas

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan mengatasi rasa kantuk. Namun, jika mengonsumsi kopi setiap hari, bisa menyebabkan timbulnya gangguan kecemasan dan kegelisahan.

  1. Menimbulkan Gangguan Tidur

Minuman berkafein seperti kopi, teh dan cokelat bisa mencegah dan menghilangkan rasa kantuk. Tetapi jika minum kopi terlalu sering, akan mengganggu kualitas tidur hingga mengalami insomnia.

  1. Masalah Pencernaan

Jika mengonsumsi kopi setiap hari atau berlebihan, maka akan menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti sakit perut, mual, nyeri ulu hati, diare, sakit maag, atau penyakit asam lambung atau GERD.

  1. Dapat Meningkatkan Tekanan Darah

Kafein pada kopi dapat menimbulkan peningkatan tekanan darah, bahkan berisiko menyebabkan hipertensi. Selain itu, mengonsumsi kopi juga membuat jantung berdebar lebih cepat.

  1. Meningkatkan Pengeroposan Tulang

Minum kopi memang dapat meningkatkan kadar kalsium di dalam sel. Namun, kandungan kafeinnya justru bisa menggangu proses penyerapan dan metabolisme kalsium. Hal ini membuat kopi berisiko menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Cara Mengurangi Minum Kopi Setiap Hari

Secara umum, batas aman konsumsi kopi sehari adalah sekitar 4 cangkir atau setara dengan 400 mg kafein per hari. Namun, beberapa hal bisa dapat kamu lakukan untuk menghindari efek minum kopi setiap hari, dengan cara berikut ini.

  • Minumlah kopi saat siang hari, hindari minum kopi di atas pukul 2.
  • Hindari untuk minum kopi di pagi hari saat perut kosong.
  • Pastikan asupannya tidak berlebihan, yakni 2 – 3 cangkir kopi hitam atau setara dengan adalah 250 – 400 mg kafein per hari.
  • Kurangi atau hentikan penambahan gula, susu, dan krim.

Reporter: Dhea Salsabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini