Anak Kos Merapat, Ini Tips Mengatur Keuangan di Tanggal Tua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanggal tua tentu menjadi momok paling menakutkan bagi setiap orang. Di tangga ini, biasanya keuangan sudah menipis dan harus lebih ekstra hemat.

Khususnya untuk anak kos. Banyaknya kebutuhan harus kamu tahan demi menghemat pundi-pundi untuk menyambung hidup.

Meski terasa berat, jangan diambil pusing ya! Ada baiknya kamu memutar otak agar pengeluaran kamu tak terlalu banyak.

Nah, biar anak kos makin tenang di tanggal tua, yuk simak tips mengatur keuangan ini biar gak makin boros.

  1. Kurangi Budget Makan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengurangi budget makan. Jika kamu terbiasa membeli makanan cepat saji untuk makan siang dan malam, cobalah untuk mencari menu yang lebih murah.

Mengurangi budget makan sangat membantu untuk menghemat tabungan kamu di tanggal tua. Jangan lupa kurangi membeli cemilan agar kantongmu gak semakin kempes.

2. Membuat Daftar Belanjaan

Selanjutnya ialah membuat daftar belanjaan yang tepat. Pastikan barang-barang yang kamu beli merupakan kebutuhan, bukan keinginan.

Dengan membuat daftar belanjaan, kamu jadi lebih terarah saat mengunjungi supermarket maupun pasar. Dengan begitu, kamu akna terhindar dari membeli barang-barang yang tak dibutuhkan.

3. Menghemat Pemakaian Pulsa/Kuota

Bukan alasan lagi jika pulsa atau kuota internet merupakan kebutuhan kaum milenial. Paket data harus selalu terisi agar bisa terhubung dengan rekan dan pekerjaan.

Namun, di tanggal tua seperti ini, menghemat pemakaian data sangat perlu kamu lakukan. Jangan sampai, sisa uang kamu harus digunakan untuk membeli pulsa ataupun paket data yang habis sebelum waktunya.

4. Kurangi Hang-Out

Diajak pergi nongkrong dengan temanmu di tanggal tua? Baiknya pikir-pikir dulu deh. Sebagai anak kos, kamu harus bisa membedakan mana keperluan utama dan kesenangan semata.

Nah, di tanggal tua ini, sebaiknya kamu mengurangi hal yang gak perlu-perlu amat. Uang yang kamu sisihkan itu bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting, lho!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini