9 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Vaksinasi COVID-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi virus corona masih menjadi momok menakutkan di muka bumi. Untuk mengatasi situasi tersebut, sejumlah negara tetap memberlakukan lockdown dan menggencarkan vaksinasi virus corona dengan semakin banyaknya golongan usia.

Akan tetapi masalah lain muncul, yakni ketakutan akan efek samping dari vaksin virus corona. Jangan takut, sebab efek samping dari vaksinasi virus corona ini dapat dengan mudah dikelola jika seseorang makan dan beristirahat dengan benar, serta mengikuti anjuran dokter.

Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu mencegah efek samping apa pun dalam skala yang lebih besar. Melansir Times of India, berikut sembilan makanan penting yang harus dikonsumsi sebelum dan sesudah divaksinasi virus corona untuk meminimalisir kemungkinan efek samping yang merugikan.

Kunyit

Kurkumin dalam kunyit yang memberikan warna kuning sangat bagus untuk kesehatan. Kunyit merupakan makanan anti-stres karena melindungi otak dari stres dan penting sebelum vaksinasi. Anda dapat mengkonsumsinya dalam berbagai menu makanan atau jamu.

Bawang putih

Bawang putih bekerja secara ajaib dalam meningkatkan kekebalan dan memberi makan organisme mikroskopis usus besar. Bawang putih kaya akan probiotik, yang memberi makan organisme mikroskopis di usus.

Jahe

Jahe membantu mengendalikan penyakit yang sedang berlangsung seperti hipertensi, penyakit koroner, dan infeksi paru-paru. Jahe juga membantu dalam mengurangi stress, untuk itu seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsinya sebelum mendapatkan suntikan vaksinasi virus corona.

Sayuran hijau

Sayuran menjadi bagian penting dari makanan sehari-hari. Sayuran hijau kaya akan nutrisi, mineral, dan senyawa fenolik. Ini tinggi kalsium dan mineral. Cobalah memasukkan sayuran seperti kangkung, bayam, dan brokoli ke dalam makanan Anda untuk melawan iritasi.

Buah segar

Buah-buahan kaya akan antioksidan, mineral, dan senyawa sintetik tumbuhan. Buah-buahan adalah makanan penting yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama bluberi –buah yang sarat dengan penguat sel dan flavonoid phyto. Ini sangat kaya kalium dan vitamin C dan membantu meningkatkan kadar serotonin.

Sup kaldu ayam / sayuran

Untuk meningkatkan kekebalan Anda, penting untuk menjaga usus Anda. Anda dapat mengonsumsi sup sayur campuran atau kaldu ayam untuk meningkatkan kesehatan usus Anda.

Coklat hitam

Cokelat hitam kaya akan suplemen yang dapat secara instan meningkatkan suasana hati Anda dan memberi energi. Studi menunjukkan bahwa dark chocolate dapat meningkatkan kesejahteraan dan menurunkan risiko penyakit koroner sehingga harus dikonsumsi pasca vaksinasi.

Minyak zaitun murni

Minyak zaitun murni bekerja secara ajaib dalam mencegah diabetes dan penyakit saraf. Lemak tak jenuh dalam minyak zaitun dapat mengurangi penanda api seperti protein yang responsif terhadap C.

Brokoli

Makan brokoli menurunkan bahaya penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian telah menemukan bahwa sayuran silangan dapat mengurangi bahaya penyakit jantung koroner. Anda bisa membuatnya dimasak atau dikukus.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda hindari sebelum dan sesudah mendapatkan suntikan vaksinasi virus corona, di antaranya: merokok, minuman berakohol, serta minuman berkafein.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini