Dear Ayah, Berikut 7 Kiat menjadi Sosok Hebat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjadi seorang ayah yang hebat merupakan impian banyak pria. Namun, tidak mudah menjadi ayah yang hebat, sebab ada kalanya seseorang sudah melakukan segala daya dan upaya yang ia bisa, tetapi masih belum dianggap sebagai sosok yang hebat.

Ayah yang hebat adalah dia yang mampu menikmati kehidupannya dan dianggap sebagai sosok yang dicintai dan dibutuhkan oleh istri dan anak-anaknya. Wahai ayah, yang perlu Anda ketahui bahwa terdapat jalan panjang yang harus Anda lalui untuk menjadi seorang pria dan ayah yang hebat.

Hal lain yang wajib Anda ketahui adalah bahwa mengasuh anak bukanlah pekerjaan yang bisa dianggap enteng. Baik ayah maupun ibu sama-sama memiliki peran aktif dan berbeda dalam membesarkan anak-anaknya.

Anak-anak sepertinya lebih terikat pada ibunya, tetapi mereka tentu saja membutuhkan sosok ayah secara setara untuk cinta dan pengasuhan. Waktu yang Anda habiskan dengan anak Anda sangat penting dalam hal mengajari keterampilan hidup dan membentuk karakter dan perilaku anak.

Melansir Times of India, berikut beberapa cara agar Anda dapat menjadi sosok hebat untuk buah hati Anda:

Berikan contoh yang baik

Tingkah laku seorang anak sangat dipengaruhi oleh tingkah laku ayahnya. Jadi, cobalah menjadi panutan yang baik dan berikan contoh positif untuk diikuti.

Puji prestasi anak-anak Anda

Dorong anak Anda untuk mengikuti mimpinya dan puji mereka atas pencapaian dan prestasinya. Ini akan membuat mereka termotivasi untuk berbuat lebih baik.

Dengarkan mereka

Ayah, luangkan waktu untuk mendengarkan masalah dan pemikiran anak Anda. Ini akan membuat mereka lebih nyaman untuk berbagi masalah apa pun dengan Anda.

Habiskan waktu bersama anak

Jangan terlalu sibuk, bermainlah dengan anak Anda atau pergi bersama mereka ke taman. Menghabiskan waktu bersama anak Anda diperlukan untuk memperkuat ikatan.

Bacakan untuk anak Anda

Bacakan untuk anak Anda sejak usia dini. Anda juga bisa membacakan dongeng sebelum buah hati tidur. Ini akan membantu mereka mengembangkan kebiasaan membaca saat mereka dewasa.

 Jangan mengeluh di rumah

Tidak peduli seberapa stres hari Anda, berapa banyaknya tugas kantor atau rekan kerja yang menyebalkan, jangan berada dalam suasana hati yang buruk saat Anda tiba di rumah. Ingat, anak biasanya menarik diri dari orang tua yang selalu pemarah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini