5 Efek Buruk Terlalu Banyak Duduk bagi Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat memiliki banyak aktivitas yang kurang gerak seperti duduk selama berjam-jam tanpa jeda setiap hari bisa mengakibatkan lemah otot kaki.

Posisi ini adalah jenis aktivitas yang lebih sedikit menggunakan energi dibandingkan dengan berdiri, jalan kaki, atau bergerak.

Sejumlah penelitian menunjukkan terlalu banyak duduk ternyata tak baik bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Berat badan mudah bertambah

Saat kamu bergerak membuat otot melepaskan molekul lipoprotein lipase. Molekul ini membantu membakar lemak dan gula agar tidak menumpuk di dalam tubuh.
Ketika terlalu banyak duduk, pelepasan molekul ini berkurang dan bagian belakang tubuh lebih mudah melebar.

2. Kaki jadi lemah

Bahaya terlalu banyak duduk yang tak boleh disepelekan adalah melemahnya otot kaki. Duduk sepanjang hari membuat tubuh hanya bertumpu pada otot tubuh bagian bawah.

3. Rentan terkena varises

Selanjutnya paling bahaya jika duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan darah menggenang atau menumpuk di kaki. Hal itu dapat menyebabkan varises.

4. Gampang sakit pinggul dan punggung

Kebiasaan banyak duduk membuat otot pinggul memendek. Selain itu, posisi duduk yang tidak pas juga bisa membuat punggung rentan cedera. Akibatnya, orang yang terlalu banyak duduk lebih mudah terkena sakit pinggul dan punggung.

5. Bahu dan leher mudah kaku

Tak hanya kaki dan punggung yang mudah pegal, bahu dan leher juga rentan tak nyaman duduk terlalu lama. Kondisi ini umumnya terjadi apabila posisi duduk saat menatap layar komputer tidak pas.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini