Home Cuitan MI Mengenal Puasa Daud: Apakah Boleh Dilakukan?

Mengenal Puasa Daud: Apakah Boleh Dilakukan?

0
215

MATA INDONESIA, JAKARTA – Puasa Daud menjadi salah satu puasa sunah Nabi Muhammad SAW. Seperti namanya, puasa ini berasal dari puasa Nabi Daud AS  sepanjang hidupnya.

Puasa ini memiliki perbedaan dengan puasa wajib saat Ramadan yang berlangsung selama satu bulan penuh. Hukum puasa Daud ialah sunah. Apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan jika tidak dilakukan tidak berdosa.

Cara pengerjaannya pun juga berbeda. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad dalam sebuah hadis,

“Puasalah sehari dan berbukalah sehari, karena yang demikian itu adalah seutama-utamanya puasa itulah puasa saudaraku Daud alaihissalam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Artinya bahwa puasa Daud pelaksanaannya begitu istimewa. Bahkan tidak ada syarat dan ketentuan untuk mengerjakan puasa ini, asalkan ia beragama islam dan beriman.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al’Ash, Rasulullah saw bersabda “Puasa yang paling di cintai oleh Allah adalah puasa Daud”. Hal ini karena puasa ini mengajarkan kita untuk istiqomah dan berkomitmen dalam mengambil keputusan untuk menjadi lebih baik lagi.

Manfaat lainnya seperti:

  1. Permudah segala urusan

Kepercayaan tentang keajaiban akan timbul saat menjalankan puasa dengan khusyuk dan ikhlas. Biasanya, semua urusan pada hari itu akan dimudahkan oleh Allah SWT.

  1. Waktu yang ijabah

Berkah puasa ini untuk mendapat jodoh dan memudahkan segala urusan. Maka dari itu puasa ini menjadi waktu yang ijabah untuk berdoa, terlebih lagi jika tidak meninggalkan salat sunah lainnya.

  1. Fisik menjadi kuat

Nabi Daud memiliki kekuatan fisik yang sangat mengagumkan seperti perawakan tubuh tinggi dan pesona kharismatiknya. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menjalankan amalan ibadah puasanya.

Reporter: Azzura Tunisya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here