Ribuan Warga India Protes Penghinaan Nabi Muhammad

Baca Juga

MATA INDONESIA, NEW DELHI – Ribuan warga muslim di India melakukan aksi unjuk rasa memprotes pernyataan pejabat partai Bharatiya Janata Party (BJP) yang menghina Nabi Muhammad SAW.

Aksi yang berlangsung sporadis pada Jumat 10 Juni 2022 dan Sabtu 11 Juni 2022 itu menelan korban setelah polisi menembak mati dua pengunjuk rasa dan menangkap lebih dari 130 lainnya.

Pernyataan kontroversial yang dilontarkan oleh pejabat BJP dalam debat publik memicu protes dari negara-negara Muslim sehingga menimbulkan badai diplomatik bagi India. Di India dan negara-negara tetangga, umat Islam turun ke jalan dalam jumlah besar setelah sholat Jumat untuk mengutuk pernyataan tersebut. Polisi menembaki kerumunan di kota Ranchi, India timur.

”Polisi terpaksa melepaskan tembakan untuk membubarkan pengunjuk rasa, yang mengakibatkan kematian dua orang,” kata seorang petugas polisi di Ranchi, seperti pemberitaan Radio France Internationale (RFI), Minggu 12 Juni 2022.

Petugas polisi mengatakan massa telah melanggar perintah agar untuk tidak melakukan long march dari masjid ke pasar. Massa melemparkan pecahan botol dan batu ketika polisi berusaha membubarkan demonstrasi dengan tongkat.

Pihak berwenang memutuskan koneksi internet dan memberlakukan jam malam di Ranchi. Seorang penduduk setempat, Shabnam Ara, mengatakan situasi di kota tersebut masih tegang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini