Bukan Sesajen, Ini Hidangan Kuliner yang Hadir di Malam 1 Suro

Baca Juga
MATA INDONESIA, JAKARTA – Malam 1 Suro atau malam menjelang tahun baru Islam menyambut bulan Muharram memang terkenal dengan kesakralan dan hal-hal berbau mistisnya.
Pada malam ini, masyarakat Jawa biasanya akan melakukan sejumlah ritual untuk memperingati malam 1 Suro. Namun, tak cuma sejumlah ritual, hidang kuliner juga turut jadi ciri khas tepat di tanggal 1 Suro.
Dalam melakukan tradisi 1 Muharram, ada hidangan istimewa yang turun temurun disajikan oleh masyarakat. Apa saja ya? Yuk simak!
1. Bubur Suro
Di Jawa Timur, ada satu kuliner khas yang sering disajikan saat 1 Suro, yaitu Bubur Suro. Bubur Suro atau bubur Suran merupakan hidangan yang patut disajikan pada 1 Muharram atau 1 Suro.
Bubur ini terbuat dari beras, santan, jahe, sereh dan garam. Tak cuma itu, bubur suro juga disajikan dengan kacang-kacangan, di antaranya kacang mete, kacang tanah, kacang bogor dan sebagainya.
Gak cuma sebagai santapan di tanggal 1 Suro, bubur ini juga memiliki makna dan doa. Bubur ini merupakan wujud syukur masyarakat atas nikmat dan keselamatan yang telah diberikan Allah SWT.
2. Bubur Merah Putih
Masih hidangan bubur, bubur merah putih juga menjadi salah satu kuliner khas yang disajikan pada 1 Suro. Biasanya bubur ini disajikan di daerah Tasikmalaya dan Garut.
Bubur merah putih terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan daun padan. Kemudian dibuat menjadi dua warna, yaitu warna coklat kekuningan dan warna putih.
Biasanya saat 1 Muharram, warga setempat akan membawa hidangan ini ke masjid-masjid terdekat.
3. Nasi Tumpeng
Nasi tumpeng memang identik dengan adanya sebuah perayaan. Salah satunya jadi kuliner khas saat 1 Suro tiba.
Masyarakat percaya nasi tumpeng menjadi simbol penghormatan kepada Tuhan dan leluhur. Selain itu, nasi tumpeng juga bermakna rasa syukur atas kekayaan alam yang telah diberikan.
4. Ayam Ingkung
Biasanya, hidangan ayam ingkung hadir ketika ada perayaan besar, salah satunya peringatan malam 1 Suro. Ayam ingkung adalah ayam kampung utuh yang dimasak dengan santan.
Hidangan ini membutuhkan waktu lama untuk mengelohnya sampai empuk dan enak. Kuliner ini pun akan disantap bersama-sama tepat ditanggal 1 Muharram atau 1 Suro.
5. Kue Apem
Tahukah kamu jajanan pasar yang enak ini juga menjadi sajian khas saat 1 Suro tiba loh. Gak cuma hadir ditanggal 1 Suro, apem juga menjadi sajian khas dalam berbagai acara besar.
Pada saat 1 Suro, masyarakat akan membawa kue apem dan diletakkan diatas tikar yang sudah dilapisi daun pisang. Kemudian kue apem tersebut akan dinikmati bersama-sama oleh warga sekitar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini