Sang Pendidik yang Memandu

Baca Juga

MATA INDONESIA, –  Pahlawan adalah seseorang yang dikenal akan keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran.  Jika dulu Pahlawan adalah orang yang mengangkat senjata untuk mengusir penjajah, lalu bagaimanakah dengan sekarang?

“ Perjuanganku lebih mudah karena melawan Penjajah, tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan Bangsa sendiri. “ Ungkapan Bung Karno tentang perjuangan Pahlawan.

Ungkapan ini masih bingung untuk dimaknai oleh generasi milenial. Bisa dibayangkan ketika di zaman yang serba mudah ini malah membuat para pahlawan milenial sulit untuk berperan. Tanpa kita sadari, kemudahan-kemudahan yang kita dapatkan saat ini justru membuat kita terlena dan tidak peka terhadap lingkungan di sekitar kita. Padahal, inti dari maksud melawan bangsa sendiri, melawan hawa nafsu diri sendiri serta melawan mereka-mereka yang sudah gelap mata, hati, dan pikiran. untuk mencapai yang diinginkan.

Sebenarnya siapakah Pahlawan di mata Milenial ?

Yaitu, mereka yang berjuang demi menegakan kebenaran dan memiliki sebuah mimpi besar untuk masa depan bangsa Indonesia. Meskipun apa yang dilakukan sekarang terlihat sepele dan  sederhana. Yang perlu dilakukan pahlawan milenial adalah bersuara lantang, mampu berbuat nyata serta mampu memecahkan sebuah permasalahan dengan sebuah solusi.

Setiap tanggal 10 November, diperingati sebagai Hari Pahlawan. Di masa kini mari kita bersama-sama memaknai hari Pahlawan dengan tetap mendoakan para pendahulu yang telah berjuang atas waktu, pikiran dan nyawanya. Serta menceritakan kembali dan mengambil manfaat sejarah. Kisah pahlawan yang menjadi contoh dan inspirasi di mata milenial. Karena banyak sekali nilai-nilai dan semangat yang dapat kita teladani dari pahlawan bangsa ini dengan penuh rasa syukur dan tanggung jawab menjalaninya. Kita tunjukan pada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, berbudaya, dan bermartabat, serta berbudi luhur.

Menjadi seorang pendidik di sebuah Instansi dan pandu sebuah organisasi kepanduan adalah sebuah panggilan jiwa. Dengan penuh rasa syukur, ikhlas, tanggung jawab menjalaninya. Barangkali dengan cara ini dapat berdampak besar dalam menanamkan nilai moral, dan kecerdasan. Bagi tunas-tunas hijau yang kelak akan menggantikan daun-daun kering yang telah berguguran.

Pendidik adalah orang yang mendidik. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Sedangkan kepanduan atau kepramukaan adalah gerakan pandu yaitu anggota perkumpulan pemuda yang berpakaian seragam khusus. Tujuannya mendidik anggotanya supaya menjadi orang yang berjiwa kesatria, gagah berani, dan suka menolong sesama makhluk.

Tugas ini, kadang dipandang remeh dan sebelah mata. Seorang guru dijuluki Pahlawan tanpa tanda jasa. Guru mengajar bahkan sampai pelosok pedalaman tanpa mengutamakan penghasilan, melainkan demi memajukan dan memperbaiki pendidikan bangsa.

Seorang guru tetaplah guru tapi mereka yang sudah dididik menjadi guru akan menjadi seseorang yang berguna bagi bangsa ini.  Guru sebagai tenaga pendidik profesional memiliki kualifikasi mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi. Dengan kualifikasi tersebut akan berdampak terhadap kualitas pembelajaran sebagai barometer tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Peran guru di sekolah sangatlah penting dalam memperbaiki generasi ke generasi. Guru bukan sekedar berceramah dan berdiri di depan kelas, melainkan mampu memberikan inspirasi bagi pertumbuhan intelektual dan moralitas. Guru juga senantiasa memberikan contoh yang baik dalam segala aspek kehidupan di sekolah maupun di lingkungan.

Penulis: Suhendi

Instagram : dedesuhendy1

71 KOMENTAR

  1. Terimakasih untuk semua guru yang telah berjasa, semoga senantiasa sehat selalu dan tetap berjuang untuk membangkitkan generasi yang lebih berprestasi dan bisa membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi❤

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini