Mengapa Kutil Sering Muncul di Badan? Simak Cara Pengobatannya!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kutil merupakan benjolan kecil berdaging yang ada pada kulit manusia. Kondisi ini muncul karena adanya penebalan lapisan di luar kulit yang menyerupai kembang kol dan warnanya pun beragam.

Penyakit ini tergolong tumor jinak. Penyebabnya adalah Human Papilloma Virus (HPV). Virus tersebut menginfeksi kulit sehingga menimbulkan benjolan dan pertumbuhannya pun sangat cepat.

Penyebab Kutil bisa juga karena luka goresan kecil akibat garukan kuku. Luka terbuka ini memungkinkan virus HPV masuk ke lapisan kulit dan menyebabkan pertumbuhan sel pada lapisan luar kulit yang menciptakan kutil.

Virus HPV ada di mana saja. Saat berjabat tangan dengan orang lain, memutar gagang pintu atau mengetik keyboard laptop. Virup HPV juga bisa bertahan dan berkembang di suhu hangat dan lembab. Seperti pakaian, handuk, pisau cukur, gunting kuku, dan sandal atau sepatu.

Tetapi tak perlu khawatir. Ada beberapa cara menghilangkan kutil. Salah satunya operasi pembedahan. Tindakan ini apabila kutil tidak merespons pengobatan. Dalam proses ini dokter akan memberikan suntikan anestesi untuk memotong kutil dengan pisau bedah. Kemudian kutil tersebut dibakar menggunakan listrik.

Melansir Alodokter.com, apabila merasa khawatir untuk pergi ke dokteri, ada pengobatan alami untuk menghilangkan kutil yaitu:

  1. Mengoleskan vitamin C

Cara penggunaannya dengan menghancurkan tablet vitamin C, kemudian campur dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada kutil, kemudian tutup dengan plester dan melepaskannya di malam hari agar terkena udara.

  1. Menggunakan minyak kastor atau baking powder

Oleskan campuran minyak kastor dan baking powder dengan kapas atau cotton bud pada kutil, kemudian tutup plester selama semalam. Bahan ini akan menyebabkan iritasi pada kutil sehingga membuatnya terkelupas.

  1. Mengoleskan cuka apel

Cuka apel diyakini bisa membunuh jenis bakteri dan virus penyebab kutil. Cara penggunaannya dengan mencelupkan cotton bud ke wadah yang telah diisi cuka apel. Kemudian tempelkan cotton bud di area yang ditumbuhi kutil semalaman dan lepaskan keesokan paginya.

Reporter: Azzura Tunisya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peran Edukasi dan Kolaborasi untuk Cegah Konflik di Jawa Barat

Mata Indonesia, Bandung - Jelang peralihan presiden dan Pilkada 2024, stabilitas keamanan nasional, khususnya di wilayah Jawa Barat, harus...
- Advertisement -

Baca berita yang ini