Coba Yuk! Begini Cara Mengolah Limbah Masker Biar Gak Menularkan Virus

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang masih meradang di tanah air membuat kita harus lebih memperketat protokol kesehatan. Salah satunya dengan menggunakan masker ke mana pun kamu keluar rumah.

Mengenakan penutup wajah khususnya masker medis kini disarankan pemerintah untuk menjaga diri dari paparan Covid-19. Bahkan, kini masyarakat disarankan menggunakan dobel masker dengan bahan kain.

Namun, pemakaian masker medis yang semakin sering tentu membuat limbahnya makin banyak. Jika tak dikelola dengan baik, masker bekas tersebut bisa menyebarkan virus corona, lho!

Nah, agar tak terjadi penularan tersebut, yuk simak cara mengelola limbah masker medis yang baik dan benar.

1. Kumpulkan Masker Bekas Pakai

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah mengumpulkan masker bekas pakai. Kumpulkan dulu masker yang sudah kamu gunakan sebelum membuangnya.

Setelah terkumpul, jangan lupa untuk membersihkan tangan dengan sabun dan hand sanitizer ya! Hal itu bertujuan agar tanganmu tetap steril setelah memegang masker-masker bekas pakai.

2. Rendam dengan Disinfektan

Jika masker bekas pakai sudah dikumpulkan, waktunya merendam dengan air dan disinfektan. Rendam masker dalam cairan klorin atau pemutih.

Ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan virus yang melekat dalam masker tersebut. Alangkah baiknya, gunakan air hangat untuk mengoptimalkan pembersihan.

3. Rusak Masker

Selanjutnya ialah merusak bentuk masker. Kamu bisa merusak bagian tali, atau merobek masker tersebut.

Bukan tanpa alasan, hal ini bertujuan agar masker bekas pakai tak didaur ulang oleh oknum tidak bertanggung jawab. Jadi, jangan biarkan maskermu terbuang dengan bentuk yang masih utuh ya!

4. Buang ke Tempat Sampah

Jika semua sudah dilakukan, buanglah masker tersebut ke tempat sampah. Usahakan untuk membuangnya ke tempat sampah domestik ya.

Jika ingin lebih ekstra, bungkus terlebih dahulu kumpulan masker tersebut ke dalam plastik. Kemudian, ikat lalu buang ke tempat sampah.

5. Cuci Tangan

Hal terakhir yang perlu dilakukan ialah mencuci tangan. Usai melakukan hal itu, bersihkan tanganmu dengan sabun atau hand sanitizer.

Jadi, tanganmu tetap steril dan terhindar dari paparan virus dan bakteri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Ribuan Masyarakat Bantul, ramaikan Bakti Sosial, Bakti Kesehatan dan Bakti Nada Polda DIY

Mata Indonesia, Yogyakarta - Masyarakat Bantul berbondong-bondong mendatangi Taman Parkir Stadion Sultan Agung Bantul mengerumuni Bakti Sosial, Bakti Kesehatan dan Bakti Nada yang digelar oleh Polda DIY dan Polres Bantul, (Sabtu, 21 September 2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini