5 Jenis Anjing Ras dan Perawatannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Anjing telah berkembang biak menjadi ratusan ras dengan berbagai macam variasi. Anjing dari ras tertentu yang langka atau bergolongan ‘royal’ atau VIP biasanya akan memiliki harga fantastis. Terutama bagi ras anjing hasil persilangan antara dua ras anjing yang berbeda, sudah pasti harganya semakin melambung tinggi.

Warna bulu anjing juga beraneka ragam, mulai dari putih, hitam, merah, abu-abu, dan coklat. Selain itu, anjing memiliki berbagai jenis bulu. Rambut anjing bisa lurus atau keriting, dan bertekstur kasar hingga lembut seperti benang wol.

Nah, berikut ini merupakan beberapa ras anjing yang memiliki harga fantastis di dunia dan cara perawatannya.

  1. Czechoslavakian Vlcak – 1,500 USD atau 21,4 Juta Rupiah

Pertama ada Cekoslowakia (atau Vlcak/Vlciak) merupakan jenis ras anjing yang masih relatif baru. Ras ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara ras anjing German Shepherd dan serigala jenis Cerpathian.

Ras anjing ini kebanyakan dimanfaatkan untuk membantu patrol, pencarian dan penyelamatan, pelacakan, pengembalaan. Anjing ini memiliki ketangkasan dan ketaatan yang baik sehingga untuk jenis ras ini memiliki harga yang mahal namun pantas. Anjing serigala ini bisa hidup antara 13-16 tahun.

Anjing serigala Cekoslowakia tidak perlu perawatan khusus atau eksklusif. Biasanya dua kali sebulan, disisir dengan sikat khusus. Anjing berganti kulit sebelum musim panas dan sistem gigi yang kuat membutuhkan pemeriksaan rutin setiap enam hingga delapan bulan. Telinga dibersihkan dengan interval sekitar 30 hari, lebih sering di musim panas, lebih jarang di musim dingin.

  1. Saluki – 2,500 USD atau Rp. 35,8 Juta

Ras anjing termahal di dunia yang kedua adalah Saluki. Ras anjing ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Mesir dan dikenal sebagai teman baik bagi manusia sejak zaman Firaun.  Ras Anjing Saluki adalah jenis anjing yang memiliki ukuran yang panjang dan tinggi serta terlihat ramping.

Saluki juga digolongkan sebagai sighthound dan berkaki panjang seperti Dalmatian. Saluki juga cenderung menjadi hewan peliharaan yang mandiri dan membutuhkan pelatihan yang cukup lama serta membutuhkan banyak kasih sayang dari pemiliknya. Saluki jantang dapat memiliki berat hingga 60kg dan dapat mencapat hingga 28 inci.

Meskipun kadang-kadang disebut saluki berambut panjang, satu-satunya rambut panjang yang sebenarnya pada anjing ini ditemukan di daerah telinga dan ekor. Sisa mantelnya pendek, sedikit, tidak mengeluarkan bau, dan mudah dirawat dan dipelihara. Jenis ras ini dapat disikat sekali seminggu, tetapi area berambut panjang mungkin perlu disikat setidaknya dua kali per minggu agar tetap bersih dan bebas kusut.

  1. Peruvian Inca Orchid – 3,000 USD atau Rp. 43 Juta

The Peruvian Hairless dog merupakan salah satu ras anjing termahal di dunia. Ras anjing ini tidak memilki bulu dan merupakan salah satu jenis anjing yang memiliki penampilan unik, karena benar-benar tidak memiliki bulu dengan warna kulit abu-abu gajah atau coklat keperak-perakan.

Keadaan tubuh yang tidak ditumbuhi bulu maka perawatan anjing ini juga sangat perlu diperhatikan. Sebisa mungkin menghindarinya dari sinar matahari langsung.

  1. Azawakh – 3,000 USD atau Rp. 43 juta

Ras anjing termahal di dunia selanjutnya adalah Azawakh. Ras anjing ini memiliki ciri fisik bermata almond dan kurus. Azawaks memiliki gaya berjalan yang anggun dan seperti berjinjit layaknya kucing.

Ras ini adalah salah satu dari sedikit ras asal afrika juga tersebar di Kanada dan Amerika Serikat. Anjing ini berwarna coklat dan fisik yang panjang juga tinggi, jenis ini membutuhkan banyak aktivitas fisik tinggi seperti berlari dan melompat.

Anjing ini tidak memiliki perawatan khusus seperti ras lainnya, hanya membutuhkan makanan yang mengandung nutrisi yang lengkap, yaitu terdapat mineral, protein, lemak, dan vitamin dalam jumlah yang tepat

  1. Samoyed – 10,000 USD atau Rp. 143 Juta

Ras anjing termahal berikutnya adalah Samoyed. Nama rasa anjing ini diambil dari orang Samoyedic di Siberia. Para pengembala di Rusia membiakkan anjing-anjing berbulu putih ini untuk membantu mengembala serta untuk menarik kereta luncur ketika mereka bepergian.

Anjing-anjing ini memiliki sifat yang sangat kompetitif, kuat, serta memiliki kewaspadaan yang tinggi. Untuk perawatan Samoyed tidak dibutuhkan beberapa perawatan yang khusus. Hanya menggunakan shampoo terbaik yaitu shampoo whitening setiap 2 minggu dalam sekali saat dimandikan.

Setelah  selesai mandi, ingatlah untuk mengeringkan bulu-bulu yang dimiliki oleh anjing ini. Hal ini akan menjaga kondisi bulu anjing Samoyed tetap dalam keadaan yang baik.

 

Reporter: Karina Siahaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini