Viral Video Modus ‘Copet Digital’, Hati-hati Jadi Korban!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Sebuah video baru-baru ini jadi viral dan membuat banyak orang jadi resah. Dalam video tersebut terlihat bagaimana seseorang melakukan modus baru ‘copet digital’.

Video memperlihatkan seorang pria menempelkan mesin EDC pada kantong belakang seseorang yang di dalamnya terdapat kartu kredit atau debit. Dan dalam sekejap, mesin tersebut melakukan transaksi dengan cara ditap.

Hal ini bisa disalahgunakan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. Mereka bisa mencuri uang lewat informasi kartu lredit dengan perangkat khusus skimming.

Hal ini bahkan bisa terjadi saat kita bertransaksi menggunakan kartu kredit di restoran ataupun toko. Tak mustahil ada penjahat yang melakukan skimming.

Untuk menghindari skimming pada kartu kredit, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Bright Side, Rabu, 24 Juli 2019, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengidentifikasi mesin skimmer perangkat penipuan.

Pertama, mesin skimmer yang digunakan para penipu biasanya lebih panjang dan lebih besar daripada yang asli. Kedua, skimmer biasanya akan membuat lampu LED hijau tidak menyala saat memindai kartu.

Ketiga, skimmer biasanya menghalangi strip magnet kartu saat memindai data. Jadi, seringkali menyebabkan terjadi kesalahan proses saat pemindaian.

Keempat, biasanya semua mesin pembayaran memiliki stylus yang bisa dipakai konsumen unutk tanda tangan. Nah kalau mesin skimmer justru sebaliknya, tidak mengizinkan stylus dipasang. Jadi, waspada ya gaes!

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini